beli mobil bekas
Financial

3 Alasan Anda Mesti Membeli Mobil Bekas dengan Metode Cicil

Skema cicilan masih dipandang sebelah mata oleh segelintir orang. Meski beragam kredit mobil bekas sudah menawarkan opsi yang menarik, masih ada saja konsumen yang merasa tidak tertarik untuk membeli mobil bekas dengan metode cicilan. Padahal, sistem kredit tidak selamanya buruk, lho. Berikut adalah tiga alasan mengapa Anda mesti membeli mobil bekas dengan cara kredit.

  1. Membentuk histori kredit Anda

Istilah histori kredit mengacu pada catatan pembayaran utang nasabah pada lembaga keuangan seperti bank, perusahaan pembiayaan, bahkan pemerintah. Nah, histori kredit ini berguna untuk keperluan peminjaman dana Anda di masa yang akan datang.

Ketika seseorang memiliki histori kredit positif, maka kemungkinan mendapatkan pinjaman dana di masa yang akan datang cenderung lebih besar. Oleh karena itu, membeli kendaraan dengan kredit sifatnya bagus untuk membentuk histori kredit Anda.

  1. Memberikan Anda kesempatan untuk memiliki tabungan

Pakar-pakar keuangan selalu mengingatkan masyarakat untuk menyediakan dana darurat untuk kebutuhan-kebutuhan tidak terduga dengan besaran sekitar 6 kali besaran pengeluaran bulanan Anda.

Nah, membeli mobil bekas dengan metode kredit bisa memberikan Anda kesempatan memiliki dana darurat ini. Sebab, besaran angsuran tentu akan diukur berdasarkan kemampuan bayar Anda—yang dipertimbangkan dari besaran penghasilan dan pengeluaran wajib lainnya. Sehingga, kemungkinan besar Anda masih memiliki sisa pemasukan untuk disimpan sebagai dana darurat.

  1. Menguntungkan

Dealer, lembaga pembiayaan, maupun bank sering memberikan berbagai tawaran menarik untuk pembelian mobil dengan sistem kredit. Dari mulai suku bunga yang kompetitif, adanya cashback, asuransi gratis, garansi free service di bengkel rekanan selama beberapa kali, hadiah langsung, dan sebagainya.

Berbagai hal tersebut tersebut tentunya akan membuat Anda merasa lebih diuntungkan daripada membeli secara tunai. Apalagi Anda tidak perlu langsung mengeluarkan uang dalam jumlah banyak secara langsung. Jadi, semakin menguntungkan, bukan?

Dapat disimpulkan jika membeli mobil bekas dengan metode kredit lebih menguntungkan ketimbang membeli dengan uang tunai. Hal ini bisa dikaitkan dengan alasan pada poin 2: dengan mencicil berarti Anda mungkin punya cadangan dana darurat lebih. Jadinya, Anda tak perlu meminjam utang tanpa jaminan untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya dari bank.

Nah, itulah dia ulasan tentang kenapa sebaiknya Anda membeli mobil bekas dengan cara kredit. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *