kebakaran alat berat
Industry,  Technology,  Tips

3 Cara Cegah Kebakaran Pada Alat Berat

Kebakaran bisa terjadi di mana saja, termasuk juga pada alat berat yang digunakan pada pertambangan. Untuk mengurangi kerugian dan menghindarkan risiko terjadinya korban jiwa akibat bencana tersebut, perusahaan akan menerapkan Fire Suppression System pertambangan. Sistem ini akan mendeteksi ketika ada komponen pada alat berat yang mengeluarkan panas dan segera mengatasinya dengan memadamkannya secepat mungkin sebelum kebakaran semakin parah. Dengan begitu, kerugian akibat kerusakan dari kebakaran dapat diperkecil.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda jadi tidak peduli dengan risiko kebakaran pada alat berat karena merasa sudah aman. Sebab, walaupun sudah ditangani dengan cepat, kebakaran yang sempat terjadi tetap saja akan merugikan Anda. Setidaknya untuk perbaikan bagian yang mengalami kerusakan akibat insiden tersebut.

Untuk itulah, hal terbaik yang sebaiknya dilakukan adalah dengan mencegah terjadinya kebakaran, yaitu dengan cara:

  1. Perawatan secara rutin

Seperti halnya mesin apapun, mesin pada alat berat juga selalu membutuhkan perawatan secara berkala. Baik perawatan rutin yang berupa pengecekan komponen, maupun penggantian beberapa komponen yang sudah melewati usia pakai. Perawatan ini menjadi hal yang sangat penting dan harus dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Sebab, ketika ada komponen yang bermasalah bisa menyebabkan masalah juga pada komponen lainnya dan berakibat pada banyak hal, salah satunya yaitu kebakaran. Misalnya saja, ketika komponen yang berkaitan dengan sistem pengapian bermasalah, padahal sistem ini berkaitan erat dengan suhu yang sangat tinggi. Jadi, wajar saja ketika sistem ini bermasalah akan menyebabkan terjadinya kebakaran.

  1. Menjaga kebersihan

Bagian mesin yang kotor bisa menghambat kerja bagian lainnya. Tidak hanya itu, jika mesin yang kotor saling bergesekkan dapat mempercepat kerusakan dan juga meningkatkan suhu akibat gesekan yang semakin besar.

  1. Perhatikan lingkungan kerja

Tidak hanya kebersihan mesin alat berat, kebersihan lingkungan kerja juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, kebakaran juga bisa terjadi ketika adanya sumbatan pada sistem pendingin alat berat yang diakibatkan adanya sampah masuk ke dalam sistem tersebut. Misalnya ketika alat berat digunakan pada area dengan banyak sampah plastik atau kertas. Selain itu, alat berat juga bisa terbakar jika Anda mengoperasikannya di area yang tercemar oleh cairan mudah terbakar. Jadi, pastikan kondisi lokasi kerja Anda sebelum memulai pengoperasian alat berat.

Semoga dengan menerapkan cara di atas, Anda dapat terhindar dari musibah kebakaran pada alat berat sehingga tidak mengalami kerugian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *