jenis gula
Health and Beauty

3 Jenis Pemanis yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Banyak penderita diabetes yang beranggapan bahwa gula merupakan hal yang harus dihindari dalam menu makanannya. Hal tersebut tidaklah salah, tetapi bukan berarti penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan manis sama sekali. Sebab kenyataannya, ada beberapa jenis makanan manis yang aman untuk penderita diabetes selama dikonsumsi dengan wajar dan tidak lupa melakukan cek kadar gula darah secara berkala dengan alat tes diabetes.

Selain itu, penting juga untuk memerhatikan jenis pemanis yang digunakan untuk makanan tersebut. Sebab ada beberapa jenis pemanis yang baik dan juga tidak baik untuk penderita diabetes. Berikut ini, adalah 3 contoh jenis pemanis yang aman untuk penderita diabetes:

  • Sukralosa

Sukralosa merupakan salah satu pemanis buatan yang aman bagi kesehatan khususnya untuk penderita diabetes. Pemanis jenis ini juga sering digunakan untuk penambah rasa manis bagi seseorang yang sedang diet karena tidak menghasilkan kalori. Sebab, tubuh tidak memecah sukralosa dalam tubuh untuk energi seperti yang terjadi pada gula. Meskipun begitu, rasa manis yang dihasilkan jauh lebih terasa daripada gula biasa.

  • Aspartam

Menurut klikdokter, aspartam merupakan pemanis buatan yang telah dinyatakan aman untuk dikonsumsi oleh penderita kencing manis, wanita hamil dan menyusui, juga anak-anak. Pemanis ini biasanya digunakan sebagai pemanis pada snack bar dan juga pengganti gula pada eskrim. Hanya saja, ketika aspartam digunakan pada suhu tinggi, maka rasa manisnya akan hilang karena terurai menjadi zat baru yaitu diketopiperazin. Itulah sebabnya, pemanis buatan ini tidak bisa digunakan untuk pembuatan makanan yang harus melalui proses memasak dalam suhu tinggi.

  • Stevia

Ini merupakan pemanis buatan yang belakangan ini digemari para pecinta makanan manis yang sehat. Stevia sendiri adalah tanaman asli dari Amerika Selatan yang daunnya bisa berfungsi sebagai pemanis alami. Rasanya jauh lebih manis dibandingkan dengan gula dari tebu, tetapi tidak mengandung kalori. Saat ini, Indonesia juga sudah membudidayakan tanaman ini sehingga gula dari tanaman ini juga sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Semua pemanis buatan yang telah disebutkan di atas sudah dinyatakan aman oleh Food and Drug Administration (FDA) dari Amerika setelah melalui berbagai penelitian. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan keamanannya. Meski mengonsumsi pemanis buatan diperbolehkan, akan tetapi untuk Anda yang mengidap penyakit diabetes baiknya batasi konsumsi beberapa jenis makanan karena dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Makanan tersebut seperti nasi putih, daging olahan, makanan kemasan, dan sebagainya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *