kampas rem
Automotive

4 Masalah Pada Kampas Rem yang Perlu Diperhatikan

Tak cukup hanya memerhatikan mesin motor dengan memakai oli samping Idemitsu saja, kamu juga harus memerhatikan komponen lain seperti rem. Rem motor tentunya merupakan komponen yang krusial saat berkendara. Namun, rem motor juga rentan mengalami masalah. Masalah yang paling umum adalah rem motor yang berdecit, sehingga mengganggu pengendara dan juga menurunkan performa motor. Maka dari itu, cek kondisi rem motormu secara rutin, dan segera atasi jika kampas rem mengalami masalah seperti berikut ini.

  • Kampas rem tipis

Seiring dengan waktu, kampas rem lama kelamaan akan semakin menipis. Jika kamu sering menunda mengganti kampas rem yang sudah tipis, maka biasanya akan timbul suara berdecit dari motor. Hal ini disebabkan karena logam kampas rem yang sudah tipis bergesekkan dengan disc brake atau piringan. Untuk itu, jangan tunda mengganti kampas rem.

  • Kampas rem selip

Jika kamu terbiasa menekan tuas rem secara terus menerus, waspadai kampas rem selip. Sebab material kampas kopling bisa menjadi keras, sehingga rem jadi kurang pakem dan menimbulkan bunyi. Solusinya, gantilah kampas dan beri jarak bebas sekitar 10-20 ml saat menekan tuas rem.

  • Kampas rem gosong

Kampas rem juga bisa terlihat gosong karena terkontaminasi. Bagaimana bisa kampas rem terkontaminasi? Beberapa pengendara ternyata ada yang meyakini bahwa dengan memakai oli, minyak, atau bahan sejenisnya dapat membuat rem pakem. Padahal hal tersebut justru membuat rem terkontaminasi dan bisa membahayakan.

  • Kampas rem berdebu

Kampas rem juga perlu dibersihkan. Debu dan pasir di jalanan dapat masuk ke dalam kampas rem dan menempel pada bagian-bagiannya. Hal ini tentu dapat mengurangi fungsi dari rem. Kamu bisa membawanya motor ke bengkel terdekat ketika kampas rem kotor. Atau jika ingin membersihkannya sendiri, kamu bisa membersihkan kampas rem dengan amplas dan gosok secara perlahan.

Jika masalah-masalah di atas tidak segera di atasi, maka kampas rem bisa habis dan bisa membuat disc brake menipis dan tidak rata. Selain itu, rem yang tidak bekerja secara optimal tentu dapat mengganggu performa berkendara, bahkan bisa juga berakibat fata. Karena itu, selalu cek kondisi rem motormu secara rutin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *