Technology

4 Negara di Asia Ini Diprediksi Akan Merasakan 5G Lebih Dahulu

Yuvita Puspitasari / April 6, 2018
internet

Jaringan 5G sudah makin ramai dibicarakan sekarang ini. Pasalnya beberapa negara sudah “start” duluan dan merasakan jaringan internet yang kecepatannya berkali-kali lipat melebihi jaringan 4G. Kecepatan ini akan memberikan manfaat yang siginifikan dalam berbagai sektor industri. Misalnya saja dalam dunia bisnis, perusahaan yang sudah menggunakan layanan hybrid cloud tentunya akan lebih mudah mengelola data. internetSayangnya, Indonesia belum termasuk ke dalam negara yang dapat merasakan jaringan 5G dalam waktu dekat. Namun beberapa negara di Asia ini, telah bersiap-siap untuk menyediakan jaringan 5G dalam beberapa tahun ke depan.

  • Korea Selatan

Layanan provider SK Telecom di Korea Selatan telah mencoba jaringan 5G di tahun lalu. Mereka berhasil menggunakan 5G dalam situs percobaan self-driving yang bernama K-City. Dalam Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang yang lalu, KT Corporation juga berkolaborasi Intel untuk memamerkan 5G. Menurut Kementrian Ilmu Pengetahuan dan ICT, Korea Selatan kemungkinan akan mengembangkan 5G secara komersil setelah pertengahan tahun 2019.

  • Jepang

Vendor jaringan nirkabel terbesar, di Jepang, NTT DOCOMO telah mempelajari dan bereksperimen dengan 5G sejak tahun 2010. Pecobaan ini melibatkan kegunaan artificial intelligence (AI), drone dengan kamera HD 4K, dan smartphone. Mereka diperkirakan dapat meluncurkan layanan 5G pada tahun 2020.

  • China

Perusahaan telekomunikasi milik China, yaitu China Mobile, berencana untuk menyebarkan 10.000 stasiun berbasis 5G di tahun 2020. Akan tetapi, pemerintah Amerika Serikat ingin menasionalisasikan 5G di Amerika untuk melindungi AS dari serangan berbahaya dari China. Alhasil, beberapa perusahaan seperti AT&T diperintahkan oleh pemerintah AS untuk memutuskan hubungan dengan ponsel China. Tentunya hal ini dapat memengaruhi kapan China bisa mengimplementasikan 5G.

  • India

Menurut Kementrian Departemen Telekomunikasi, India direncanakan untuk menerima jaringan 5G pada tahun 2020. Terlebih lagi, salah satu provider telekom India terbesar, Idea Cellular sepertinya akan bergabung dengan Vodafone yang telah meningkatkan semua jaringan radio untuk mendukung jaringan 5G.

Itu dia beberapa negara Asia yang dipersiapkan untuk menerima jaringan 5G dalam beberapa tahun ke depan. Kira-kira pada tahun berapa Indonesia siap menyebarkan jaringan 5G ya? (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *