Automotive

4 Tips Merawat Radiator Mobil agar Awet

Sebagai alat penukar panas, radiator berguna untuk memindahkan energi panas dari satu media ke media lain untuk tujuan pendinginan maupun pemanasan (Wikipedia). Pada kendaraan, radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin supaya mesin tidak mengalami kelebihan panas (overheat) yang nantinya dapat merusak kinerja mobil secara utuh. Walau sudah memiliki asuransi mobil murah, tak berarti kamu bisa mengabaikan perawatan komponen yang satu ini, ya!

Yuk, simak apa saja tips merawat radiator agar awet.

  • Bersihkan tangki radiator secara berkala

Melansir Seva.id, salah satu kiat merawat radiator mobil ialah dengan membersihkan atau menguras tangki radiator secara berkala. Yap, kamu perlu melakukan aktivitas ini setidaknya dua pekan sekali. Tujuan dari pembersihan tangki radiator adalah mencegah korosi pada komponen-komponen radiator yang kebanyakan berbahan dasar logam. Selain itu, pengurasan tangki radiator juga dapat menjaga temperatur mobil, sehingga kejadian seperti overheat dapat dikurangi.

  • Cuci juga tiap komponen radiator

Selain wadah (atau tangki) radiator, komponen-komponen penyusunnya, seperti penutup, kisi-kisi udara dan pompa oli, selang dan klem selang, serta kipas pendingin juga perlu kamu bersihkan. Pasalnya, unsur-unsur ini ikut memberi andil pada usia radiator mobil kamu. Jika salah satu di antaranya kotor, kemungkinan radiator—ataupun mobilmu—rusak menjadi tak terelakkan.

  • Isi radiator dengan cairan coolant

Kiat selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk memperpanjang usia radiator ialah dengan menggunakan cairan coolant. Cairan coolant pada dasarnya merupakan penjaga temperatur mesin mobil. Oleh karena itu, mengisi radiator dengan cairan coolant dapat membantu radiator untuk mempertahankan temperatur mobil agar tidak terlalu panas. Selain itu, cairan coolant juga berguna untuk mengangkat kotoran serta karat yang menempel pada tangki radiator.

  • Jangan gunakan air keran

Untuk keadaan darurat seperti terjadi overheat pada mesin saat sedang berkendara, memang diperbolehkan mengisi radiator dengan air keran. Namun, tindakan ini tidak disarankan untuk dilakukan secara berulang. Sebab, air keran memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Bila kamu sering mengisi radiator dengan air keran, korosi pada tangki tak bisa terhindarkan.

Begitulah tips merawat radiator mobil agar tetap awet. Jangan abaikan perawatan mobil ini jika tidak ingin mobil mengalami kerusakan di kemudian hari, ya! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *