Technology

4K: Harga Premium, Kualitas Terbaik

Berbicara tentang teknologi memang tidak akan pernah habis-habisnya. Segala inovasi baru dengan terobosan teranyar ini tidak akan pernah merasa puas terhadap satu atau dua penemuan saja. Selalu akan ada percobaan baru untuk meningkatkan kualitas berpikir hingga tidak terbatas untuk mencari teknologi yang mumpuni. Begitu juga dengan televisi. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan televisi yang mebuat kualitas visual kini terus berkembang untuk meningkatkan tingkat kejernihan dari tampilan layar. Pernyataan ‘ada harga, ada kualitas’ pun terbukti dengan adanya kualitas 4K UHD TV terbaik yang menjadi produk royal maupun premium.tv hisense

Pertanyaan penting dari semua ini adalah apa yang membedakan segala jenis kualitas tersebut? Mari kita ulas balik dari beberapa jenis kualitas layar televisi yang menjadi ‘daya jual’.  Menurut standar yang dibuat oleh Consumer Electronics Association, produk televisi 4K harus memiliki resolusi 3.840 x 2.160 pixel. Kerapatan dari titik antar – pixel begitu padat hingga menghasilkan pengalaman visual yang terlihat seperti gambar yang real.

Pertanyaan selanjutnya adalah apa yang membuat kualitas dari gambar 4K terlihat lebih baik dari pada 1080p? Sejauh dari tampilan visual pada umumnya, kualitas 1080p sudah sangat cukup mumpuni dalam perspektif mata. Namun hal yang dapat menjelaskannya adalah sebagai berikut:

  1. Detail

Kualitas 4K mampu menghasilkan gambar dengan rincian yang paling rumit dalam mode kontras yang lebih tinggi. Sebagai contoh adalah tingkat kejernihan yang ditunjukkan oleh sebuah gambar rambut. Pada umumnya warna rambut akan terlihat jelas oleh kedua kualitas ini, namun perbedaan dapat terlihat dari detail tekstur yang ditampilkan. Resolusi 4K akan lebih menunjukkan tekstur rambut yang tidak terlihat dengan perekaman yang biasa.

  1. Downscale

Saat melakukan perekaman video dengan kualitas 4K, maka saat melakukan downscale menjadi kualitas 2K gambar akan terlihat lebih rinci dibandingkan perekaman awal dengan pengaturan 2K.

  1. Jarak lebih dekat

Penggunaan layar 4K dapat memberikan pengalaman berbeda dengan jarak penglihatan secara jauh dan dekat. Aksen visual akan lebih terlihat nyata bila jarak mata dekat dengan gambar yang dihasilkan. Dengan demikian, pengalaman menonton di TV Hisense FHD SMART N2170 dengan layar 4K pun akan terasa jauh lebih hidup.

Perumpamaan ‘ada uang, ada harga’ mungkin dapat menjelaskan bagaimana kualitas dari layar 4K dapat dikatakan termasuk ke dalam jajaran harga premium. Apakah Anda tertarik mencoba? (VK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *