Automotive

5 Penyebab Ban Mobil Cepat Aus

Ban mobil adalah salah satu komponen penting yang berkaitan dengan keselamat berkendara. Tidak peduli apapun kendaraannya, kondisi ban sangatlah penting untuk diperhatikan. Apalagi jika kendaraan sering digunakan untuk membawa muatan berat seperti truk Indonesia. Sebab, ban merupakan komponen yang menjadi tumpuan utama untuk menahan muatan di atas kendaraan.mobil

Sayangnya, banyak orang yang kurang paham cara merawat ban sehingga seringkali membuat ban cepat aus. Memang sih, untuk Anda yang memiliki dana berlebih, ban sudah aus merupakan pertanda bahwa ban harus segera diganti dan Anda tinggal membeli ban baru. Namun, hal tersebut sebenarnya tidak menyelesaikan masalah, karena Anda justru menjadi salah satu penyumbang limbah ban jika memiliki kebiasaan ini. Apalagi jika aus pada ban terjadi hanya sebagian dan sebenarnya masih bisa diatasi dengan perawatan yang tepat.

Lalu bagaimana cara mengatasinya agar ban tidak mudah aus? Caranya, yaitu dengan mengetahui beberapa penyebab ban mobil cepat aus seperti yang diambil dari situs kiosban.com berikut ini:

  1. Tekanan angin tidak sesuai

Cara paling mudah untuk mengetahui tekanan angin yang pas untuk ban adalah dengan mengikuti instruksi pada buku manual. Namun, terkadang ada hal yang membuat Anda tidak bisa mengikutinya. Misalnya ketika mobil memiliki muatan yang cukup berat. Namun, Anda bisa memperkirakan sendiri tekanan angin yang pas dan sesuai dari sisi kenyamanan saat berkendara. Pastikan tekanan angin tidak terlalu rendah karena akan membuat kerja dinding ban semakin berat dan juga mempercepat putusnya serat baja pada ban. Sementara tekanan yang terlalu tinggi akan membuat daya cengkeram ban semakin berkurang.

  1. Arah roda tidak searah horizontal

Arah roda ke dalam (in) maupun ke luar (out) yang tidak searah secara horizontal juga bisa menyebabkan salah satu sisi ban menjadi mudah aus. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya melakukan spooring dan balancing secara berkala.

  1. Pengereman yang kasar

Bagi Anda yang suka mengendarai mobil dengan akselerasi yang kasar atau sering melakukan pengereman mendadak, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan Anda. Sebab, kebiasaan ini juga bisa nenjadi penyebab ban mudah aus. Selain itu, kebiasaan ini juga berisiko merusak komponen lain pada mobil.

  1. Velg yang tidak sesuai

Velg mobil menjadi salah satu komponen yang sering kali diganti saat mobil dimodifikasi. Namun, tahukah Anda bahwa velg mobil yang tidak sesuai standar dapat membuat kerja dinding ban menjadi lebih berat. Akibatnya, ban akan lebih mudah aus dan juga berisiko munculnya benjolan pada permukaan ban. Sebaiknya, hindari melakukan modifikasi pada komponen ini atau ganti velg dengan ukuran yang sama dengan ukuran standar.

  1. Masalah pada suspensi

Sokbreker yang sudah mulai tidak berfungsi maksimal ataupun mati akan membuat ban mobil cepat bermasalah, seperti aus dan juga munculnya benjolan. Untuk mengatasinya, segera perbaiki komponen sokbreker ketika Anda sudah mulai merasakan adanya masalah saat berkendara.

Ban mobil yang aus sangat berbahaya jika terus digunakan. Namun, akan sangat sayang sekali jika Anda mengganti ban mobil yang belum lama dibeli hanya karena aus tidak merata akibat salah penggunaan. Untuk itulah, mulai sekkarang ada baiknya jika Anda lebih memerhatikan perawatan pada ban mobil kesayangan Anda. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *