5G
Technology

5G? Bukan Hanya Sekadar Internet Cepat  

Selain sandang, pangan, dan papan, kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari teknologi dan jaringan komunikasi, yaitu paket internet rumah. Perusahaan provider dan perusahaan ponsel sudah mulai berbondong-bondong mempersiapkan sistem jaringan 5G untuk menunjang teknologi dan kehidupan masyarakat agar semakin maju. Namun, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan jaringan 5G itu?

Mengutip dari kanal media berita, 5G atau jaringan internet generasi 5 ini, diproyeksikan akan rampung pada tahun 2020. Yang artinya, seluruh masyarakat bisa mengakses internet dengan cepat ‘kilat’, 10x lebih cepat dari 4G. Kalau tidak percaya, kamu bisa tes kecepatan internet dengan aplikasi terbaik. Tidak perlu berlama-lama mengunduh video dan sampai ditinggal dahulu, cukup dalam hitungan detik saja, Anda bisa langsung menikmati video unduhan Anda.

Namun, 5G bukan hanya sekadar cepat mengunduh drama Korea, film favorit, atau bermain game online di smartphone, tetapi juga seluruh sektor di suatu negara juga ikut bergerak cepat. Konektivitas yang terbangun oleh jaringan canggih ini, akan memudahkan manusia di berbagai sektor, seperti dalam bidang kesehatan, melakukan operasi pembedahan hanya cukup menggunakan virtual reality hingga kendali dengan pasien dari jarak jauh. Bidang lainnya, otomotif, mobil otonom atau sebutan lainnya mobil tanpa awak pengendara, bisa saling berkomunikasi dengan lampu lalu lintas dan mobil lainnya di jalan. Lalu, di bidang pemasaran digital, akan sangat diuntungkan oleh teknologi terbaru ini, karena bisa bergerak dengan sangat cepat. Dan masih banyak hal lainnya yang dapat memudahkan manusia.

Di samping itu, kehebatan teknologi 5G akan mendatangkan tantangan pula bagi masyarakatnya. Sebab, teknologi ini merupakan salah satu wujud revolusi industri 4.0, yang dimana pekerjaan akan lebih dimudahkan dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Artinya, tidak menutup kemungkinan, sumber daya manusia bisa digantikan oleh robot yang akan menjalankan setiap saat.

Seperti dengan mobil tanpa supir, tidak menutup kemungkinan bahwa sopir truk yang biasa membawa beban berat, akan digerus oleh sistem mobil otonom yang tidak memerlukan manusia lagi. Lalu, buruh pabrik akan digantikan oleh mesin otomatis sehingga tidak memerlukan banyak pegawai lagi untuk memangkas biaya produksi. Lalu, dengan teknologi chatbot sekarang, memungkinkan seluruh perusahaan akan menggunakan hal itu. Dengan chatbot, akan mudah melayani pelanggan (customer service) kapanpun tanpa melihat jam kerja, memudahkan transaksi, berinteraksi dengan fans, dan lain sebagainya. Itu hanya beberapa contoh yang tidak kemungkinan akan terjadi.

So, sudah siapkah Anda menyambut teknologi jaringan komunikasi generasi kelima ini? Goodluck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *