Automotive

Agar Mobil Irit Bahan Bakar, Begini Caranya!

“Bahan bakar cepat habis” Tentu, kondisi ini bisa membuat pengendara kesal. Bagaimana tidak, saat ini harga untuk membeli satu liter bahan bakar minyak bisa dibilang tidaklah murah, so jika bahan bakar yang digunakan cepat sekali habis tentu saja tidak heran bila banyak pengendara yang kesal. Terlebih, ditambah salah dalam menggunakan oli pelumas untuk kendaraan dan tidak memilih oli mobil terbaik, kondisi ini tentu akan langsung memengaruhi penggunaan bahan bakar tersebut.bahan bakar

Untuk itu, agar kendaraan Anda irit pemakaian bahan bakar, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut ini. Here we go!

  1. Lakukan Tune Up secara teratur. Supaya penggunaan bahan bakar minyak tidak terlalu boros, maka teraturlah melakukan tune up pada mobil. Tujuannya, tentu untuk mengembalikan performa mobil agar tetap prima. Jika performa mobil prima, tentu dapat mengirit pemakaian bahan bakar, sehingga Anda pun tidak akan kesal lagi apabila sudah menyangkut bahan bakar ini. Namun, apabila penggunaan bahan bakar ini masih tidak sesuai yang diharapkan, maka lihat jarak tempuh kendaraan Anda, apakah jauh atau dekat? Jika jauh, tentu saja akan mempercepat habisnya bahan bakar minyak kendaraan.
  2. Lihat kondisi ban mobil. Untuk mengirit penggunaan bahan bakar minyak, Anda harus rutin melihat kondisi ban kendaraan Anda. Pastikan ban mobil Anda dalam keadaan baik dan anginnya tidak kurang. Sebab, jika ban mobil kurang angin, malah membuat komponen mesin bekerja bekerja lebih ekstra dibandingkan biasanya. Jika sudah begini, tentu penggunaan bahan bakar pun akan semakin bertambah. Oleh karena itu, cek selalu ban mobil Anda!
  3. Rutin mengecek filter udara mobil. Rutinlah untuk mengecek kondisi filter udara pada mobil Anda. Ini karena jika filter udara kotor dapat membuat pemakaian bahan bakar pun jauh lebih boros, sehingga tidak heran bila bahan bakar kendaraan Anda cepat. So, jangan lupa cek bagian ini ya, guys!
  4. Gunakan oli pelumas dengan kualitas bagus. Saat memilih oli pelumas untuk kendaraan, alangkah baiknya pilihlah oli pelumas yang berkualitas. Lantaran, apabila oli yang Anda gunakan kurang bagus, tentu ini akan langsung memengahui pemakaian bahan bakar. Usahakan, untuk selalu mengganti oli dengan yang baru dan memiliki kualitas paling bagus, tujuannya tentu untuk mengantisipasi agar bahan bakar kendaraan Anda tidak cepat habis.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan apabila Anda ingin mengirit penggunaan bahan bakar untuk kendaraan. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *