meminta maaf
Parenting

Ajarkan Anak untuk Meminta Maaf dengan 4 Cara Ini

Pasalnya, setiap manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Tidak hanya orang dewasa saja, si kecil pun juga pasti kerap melakukan kesalahan baik disengaja mau pun tidak disengaja. Pasti si kecil pernah bertengkar dengan teman sebayanya saat tengah bermain di tempat wisata edukasi anak yang dapat dianggap sebagai hal normal. Kesalahpahaman di antara dua pihak pasti akan terjadi saat tengah asik bermain-main. Namun, si kecil harus diajarkan juga untuk menjadi sosok yang pemaaf dan juga mudah untuk meminta maaf jika melakukan kesalahan. Namun untuk memiliki sifat tersebut, si kecil harus melalui proses pembelajaran dahulu yang dapat diajarkan oleh para orang tuanya. Untuk melatih si kecil meminta maaf, simak artikel ini lebih lanjut agar Anda sebagai orang tua dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan.

 

  1. Tumbuhkan rasa empati

Untuk menumbuhkan rasa empati ada si kecil, Anda dapat mengajarkan bagaimana cara melakukan minta maaf dengan mengucapkan maaf dengan tulus, menyebutkan alasan kenapa si kecil meminta maaf dan keberanian untuk tidak menguangi lagi kesalahan yang sudah dibuatnya. Si kecil dapat belajar berempati melalui refleksi perasaan yang dirasakannya.Melalui refleksi ini anak diharapkan untuk dapat berempati dengan meminta maaf kepada orang lain secara tulus.

 

  1. Dengarkan penjelasan anak

Saat anak sedang memiliki konflik dengan teman sebayanya, belum tentu ia yang melakukan kesalahan. Maka dari itu, lebih baik Anda mendengarkan penjelasan si kecil terlebih dahulu sebelum menyuruhnya untuk meminta maaf. Dengan mendengarkan penjelasannya, Anda akan dapat mengetahui sudut pandangnya dalam permasalahan yang sedang dihadapi olehnya.

 

  1. Beri penjelasan tentang benar dan salah

Anak pastinya akan sulit untuk meminta maaf disaat dirinya tidak mengetahui hal apa yang benar dan salah untuk dilakukan. Untuk memahami hal ini, Anda dapat menjelaskan hal yang benar dan salah dengan contoh yang mudah dipahami olehnya.

 

  1. Minta maaf bukan berarti kalah

Tidak jarang anak yang menganggap meminta maaf adalah sebuah bukti bahwa dirinya kalah dalam suatu permasalahan. Maka dari itu, Anda harus memberikan penjelasan yang lebih dalam bahwa meminta maaf bukanlah sebuah kekalahan namun sebuah bentuk keberanian dan kejujuran yang sangat amat dihargai oleh banyak orang, termasuk Anda. Jangan lupa juga untuk membuatnya berjanji agar tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi di masa mendatang.

 

Itu lah beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan anak meminta maaf sejak dini. Jangan lupa juga dengan fakta bahwa orang tua adalah eran besar yang dicontoh oleh anak baik itu perilaku yang baik maupun buruk. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *