Health and Beauty

Amankah Mengonsumsi Oatmeal Setiap Hari?

Yuvita Puspitasari / April 11, 2018
oatmeal

Sudah tahu kan kalau oat dan gandum itu berbeda? Oat merupakan salah satu bahan makanan yang umum dijadikan snack sehat. Baik dalam bentuk biskuit, kue, ataupun sereal. Untuk sereal ini, biasanya kita akan mengonsumsi oatmeal dalam bentuk kemasan dan mencampurnya dengan topping favorit, seperti buah, susu cokelat, dan sebagainya. Atau, banyak juga yang mengonsumsinya hanya dengan menyeduhnya menggunakan air panas. Alasannya, agar oatmeal yang dikonsumsi bebas dari campuran bahan lain sehingga lebih sehat.oatmeal

Memang, oat memiliki beragam manfaat untuk kesehatan sehingga sesuai untuk dijadikan menu sarapan atau sekadar camilan sehat. Akan tetapi, apakah aman jika oat ini dikonsumsi setiap hari? Khususnya bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti maag.

Sebenarnya, oat aman untuk dikonsumsi setiap hari, khususnya dalam bentuk oatmeal. Sebab, oatmeal biasanya hanya dicampurkan dengan buah ataupun air panas. Berbeda dengan snack ataupun biskuit yang mengandung berbagai bahan lainnya, seperti mentega, gula, dan sebagainya yang berdampak buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, menurut situs alodokter, oatmeal yang dikonsumsi secara rutin setiap hari juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, antara lain:

  • Menjaga berat badan. Oatmeal mengandung serat yang tinggi sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal ini akan membuat kita makan utama dalam porsi yang lebih kecil dan juga mencegah kita dari keinginan untuk ngemil.
  • Menurunkan kadar kolesterol. Serat yang terkandung dalam oatmeal juga efektif untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat di usus. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam darah akan lebih stabil. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka kita bisa menambahkannya dengan buah-buahan. Dengan terjaganya kadar kolesterol dalam darah, maka secara tidak langsung risiko kita terkena penyakit jantung koroner juga akan berkurang.
  • Menstabilkan gula darah. Serat yang terkandung dalam oatmeal adalah serat larut yang bermanfaat untuk memperlambat penyerapan gula dalam tubuh, serta memperbaiki kadar gula dalam darah. Bagi seseorang yang sudah menderita diabetes, kadar gula dalam darah akan lebih stabil. Sementara, untuk yang sehat, mengonsumsi oatmeal setiap hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes.
  • Mengatasi masalah pencernaan. Untuk yang sedang mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit, radang usus, atau irritable bowel syndrome (gangguan pencernaan jangka panjang pada usus besar).

Banyak, kan, manfaat dari oat dalam bentuk oatmeal ini? Jadi, yuk mulai biasakan untuk mengonsumsinya setiap hari. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *