Automotive

Apa Itu Understeer dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mengalami masalah pada pengendalian mobil saat berada dalam tikungan? Jika iya, mungkin saja saat itu Anda sedang mengalami understeer. Kondisi tersebut tentulah sangat berbahaya karena dapat menyebabkan Anda mengalami kecelakaan yang cukup fatal. Jika dampak yang terjadi hanya merusak mobil saja, Anda masih bisa mengatasinya dengan memanfaatkan asuransi mobil Indonesia dari asuransi umum Chubb. Namun, bagaimana jika kecelakaan tersebut membahayakan jiwa Anda? Itulah mengapa, wajib bagi Anda yang sering berkendara dengan mobil tahu bagaimana cara mengatasi saat hal ini terjadi.understeer

Nah, sebelum membahas bagaimana cara mengatasi kondisi understeer yang Anda alami, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu apa itu understeer?

Understeer hanya terjadi pada mobil dengan roda penggerak depan. Terjadi ketika bagian depan mobil mengalami kegagalan saat berbelok sehingga mobil akan tetap melaju lurus meskipun kemudi sudah diputar. Akibatnya, mobil bisa menabrak apapun yang ada didepannya tanpa bisa dikendalikan. Apalagi jika kondisi ini terjadi saat mobil melaju di area tebing, tentulah dampak yang terjadi jauh lebih berbahaya lagi.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mobil mengalami hal ini, antara lain:

  1. Kecepatan terlalu tinggi
  2. Ban sudah aus
  3. Jalanan yang terlalu licin
  4. Rusaknya komponen penghubung kemudi dengan roda

Untuk meminimalis efek kecelakaan akibat understeer, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Jangan panik, karena hal ini membuat Anda tidak bisa berpikir tenang untuk memutuskan langkah yang harus diambil.
  • Jangan menginjak rem secara mendadak dan penuh karena akan membuat ban menjadi terkunci dan mobil akan semakin sulit untuk dikendalikan, bahkan bisa membuat mobil terpelanting.
  • Lepaskan pedal gas secara perlahan untuk memperlambat laju kendaraan.
  • Lepaskan pedal kopling secara perlahan karena jika tetap diinjak akan membuat mobil melaju tanpa aturan.
  • Secara perlahan, putar kemudi hingga posisi roda berada dalam garis lurus. Kemudian putar kembali kemudi secara perlahan kembali ke lajur yang benar.

Meskipun Anda sudah mengetahui cara mengatasinya, tetap lebih baik jika Anda tidak mengalaminya. Untuk itulah, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin dan juga mengemudi dalam kecepatan yang wajar. Khususnya ketika melewati jalan yang basah atau saat cuaca hujan. Selamat berkendara dan semoga selamat sampai tujuan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *