cream cheese keju
Hoby

Apakah Cream Cheese Termasuk Keju?

Bagi para pencinta keju, mengonsumsi cheese cake sudah menjadi hal yang pasti pernah dilakukan. Atau bahkan mungkin kamu memiliki resep cheddar cheese cake sendiri agar bisa sering membuatnya di rumah. Jika iya, maka kamu pasti tidak asing dengan yang namanya cream cheese.

Ya, cream cheese merupakan salah satu bahan dasar utama untuk membuat cheese cake. Namun, meskipun menggunakan nama cheese atau keju, ternyata masih banyak loh yang mempertanyakan apakah cream cheese ini termasuk keju. Alasannya adalah karena teksturnya yang sangat lembek sehingga terlihat berbeda dengan keju lain pada umumnya.

Dalam situs tasteofhome, dijelaskan bahwa meskipun memiliki tekstur yang jauh berbeda, tetapi cream cheese memang termasuk salah satu jenis keju. Berdasarkan definisi dari FDA (The Food and Drug Administration), cream cheese adalah keju segar yang mengandung lemak setidaknya 33% sementara kandungan airnya 55% atau terkadang juga lebih sedikit. Namun di Inggris, kandungan lemak pada cream cheese adalah sekitar 45% hingga 65%.

Keju ini memiliki tekstur dan rasa yang hampir sama dengan mascarpone. Jika berada dalam kondisi suhu ruangan, cream cheese bisa berfungsi sebagai olesan, seperti pada roti. Untuk menambah rasanya, kamu bisa menambahkan potongan buah, kacang-kacangan, atau makanan lainnya jika menggunakan keju ini sebagai olesan. Selain itu, cream cheese juga umum dijadikan sebagai toping karena teksturnya yang halus dan ringan. Apalagi rasanya yang gurih dan manis membuatnya cocok untuk dipasangkan pada berbagai jenis makanan.

Cream cheese tergolong keju yang bisa untuk dikonsumsi oleh vegetarian, karena proses pembuatannya menggunakan asam sitrat untuk mengentalkan susu. Kamu bahkan juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena hanya membutuhkan 4 buah bahan saja, yaitu krim, susu, dan asam (boleh menggunakan cuka atau air lemon), dan garam. Setelah dicampur dan susu mengental karena terkena asam, maka saring dan lanjutkan prosesnya dalam food processor hingga teksturnya lembut dan halus.

Cream cheese termasuk keju yang tidak tahan lama, jadi ada baiknya jika kamu menggunakannya setelah selesai membuatnya. Bahkan meski disimpan dalam suhu dingin sekalipun, keju ini tidak terlalu bisa bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *