Insurance

Asuransi Syariah, Tidak Hanya Untuk Muslim

Meskipun prosedur Allianz Klaim sama dengan asuransi konvensional, asuransi syariah sebagai produk keuangan tidak bisa dipungkiri memang lebih identik dengan dunia muslim. Tapi ternyata asuransi ini juga sangat cocok dan boleh dimanfaatkan oleh non-muslim.

Sebab pada dasarnya asuransi model ini terbuka untuk siapapun. Bahkan saat ini sudah banyak kalangan non-muslim yang lebih tertarik memilih jenis asuransi seperti ini. Sudah pasti ada alasannya kenapa saat ini banyak masyarakat yang cenderung memilih asuransi syariah ketimbang konvensional.

Untuk orang Islam, sudah jelas salah satu alasannya berkaitan dengan agama. Tapi di luar bidang agama, asuransi seperti ini ternyata juga memiliki beberapa poin plus yang dianggap cukup menggiurkan untuk masyarakat kebanyakan, diantaranya seperti:

  1. Dana Premi dapat Dicairkan

Meskipun tidak terjadi klaim, dana premi yang disetorkan tidak lantas hangus. Begitu juga ketika ada nasabah yang tidak sanggup lagi untuk meneruskan pembayaran premi.

Intinya duit dari para nasabah tidak lantas menjadi milik perusahaan asuransi setelah disetorkan, tapi tetap menjadi hak milik dari para nasabah. Maka dari itu Anda bisa mengambilnya kembali.

  1. Berprinsip Gotong-royong

Sistem kerja dari asuransi syariah pada dasarnya adalah gotong royong. Maka dari itu antara satu nasabah dengan nasabah lainnya saling membantu dengan perusahaan asuransi sebagai perantaranya.

  1. Lebih Terbuka

Lebih mengedepankan transparansi atau keterbukaan dalam hal kerja sama dengan para nasabahnya. Karena Anda tidak hanya sedang berasuransi tapi juga sedang berinvestasi. Mengambil polis asuransi syariah ini artinya Anda mendapatkan asuransi jiwa dan investasi.

  1. Semua Harus Untung

Perusahaan asuransi bakal memastikan para nasabah akan diuntungkan ketika memilih mengikuti asuransi jenis ini. Jika nantinya ada yang merasa dirugikan, bisa menanyakannya sebelum menyetujui polis.

  1. Diawasi Pengawas Syariah

Ada sebuah lembaga pengawas yang ditugaskan khusus untuk bisnis yang bergerak di sektor syariah seperti ini, yaitu Dewan Pengawas Syariah. Oleh sebab itu, perusahaan asuransi tidak bisa seenaknya sendiri membuat program atau mencoba untuk menyalahi aturan.

  1. Bersifat Universal

Meskipun mengusung nama Syariah yang tentunya sangat kental dengan agama Islam, tapi sebenarnya asuransi syariah dapat diakses oleh siapapun tanpa melihat agama yang dianutnya. Yang terpenting mau menaati persyaratan serta ketentuan yang sudah ditetapkan.

Enam pon di atas setidaknya bisa menggambarkan kenapa asuransi tipe syariah saat ini lebih banyak diminati ketimbang asuransi konvensional. Meskipun asuransi ini memiliki banyak keunggulan, Anda tetap harus cermat ketika memilih perusahaan asuransi yang menawarkannya.

Setiap perusahaan asuransi sudah pasti memiliki program tersendiri yang mungkin saja cocok dengan kebutuhan Anda atau justru malah tidak. Oleh sebab itu, Anda tetap perlu membandingkan program-program tersebut supaya bisa mendapatkan yang paling pas.

Berbicara terkait dengan asuransi syariah, Allisya Protection Plus atau yang sering disebut juga dengan Tapro Allisya ataupun Tapro Syariah bisa Anda pertimbangkan. Tapro Allisya ini sebenarnya merupakan sebuah program asuransi jiwa yang dikombinasikan dengan investasi syariah.

Selain itu akan memberikan perlidungan yang maksimal dengan premi yang minimal. Dan yang terpenting adalah bisa diakses oleh siapapun, termasuk yang non-muslim sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *