Travelling

Aturan yang Sebaiknya Kamu Ketahui Sebelum ke Jepang

Yuvita Puspitasari / June 13, 2018
jepang

Jepang adalah salah satu negara tujuan wisata yang difavoritkan masyarakat Indonesia. Buktinya? Setiap kali ada travel fair, tiket pesawat murah ke Jepang selalu diincar oleh para wisatawan. Tentunya bukan tanpa alasan negara ini bisa menjadi negara favorit, dan beberapa alasannya yaitu kemudahan membuat visa bagi pengguna e-paspor, tidak dibutuhkannya Asuransi perjalanan Luar Negeri seperti jika ingin membuat visaschengen, dan tentunya keindahan alam yang luar biasa indah.jepang

Nah, jika kamu sudah berburu tiket dan sudah selesai mengurus visa untuk berlibur ke negeri sakura ini, ada hal yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu ketahui aturan yang berlaku. Yap, Jepang adalah salah satu negara yang paling taat dengan aturan. Jadi, kamu sebagai pendatang juga harus memahami aturan ini. Beberapa aturan dasar yang harus kamu taati yaitu:

  • Menyebrang

Kamu tidak boleh asal saja menyebrang di setiap pertigaan ataupun perempatan yang terdapat zebra cross dan lampu merah. Meskipun jalannya terlihat kecil dan sedang tidak ada kendaraan yang melintas. Kamu wajib untuk menunggu lampu menyala merah dan lampu pejalan kaki menyala hijau sebelum bisa menyebrang.

  • Jalur trotoar

Jika di Indonesia kamu hanya mengenal 1 trotoar saja yang memiliki banyak fungsi, hal ini berbeda dengan di Jepang. Di negara ini, ada beberapa trotoar yang terbagi menjadi 2, yaitu untuk pejalan kaki dan untuk jalur sepeda. Jadi, jika kamu ingin berjalan diĀ  trotoar dan melihat ada dua jalur, ada baiknya jika kamu perhatikan dulu dan jangan sampai salah berjalan di jalur sepeda.

  • Eskalator

Kamu tidak boleh berjalan berdampingan dengan temanmu di eskalator. Sebab, Jepang memiliki aturan yaitu satu jalur eskalator wajib dikosongkan untuk jalur mendahului. Antara jalur kanan ataupun jalur kiri yang digunakan untuk mendahului, bisa berbeda pada setiap prefecture. Kamu bisa memerhatikan orang di sekitar untuk mengetahui jalur mana yang sebaiknya kamu pilih.

  • Keluar dan masuk kendaraan umum

Baik naik kereta ataupun naik bis, wajib bagi kamu untuk selalu mendahului penumpang yang turun terlebih dahulu. Setelah semua penumpang turun, barulah kamu bisa naik. Hal inipun berlaku jika kamu ingin naik lift, kamu harus mendahului orang yang keluar terlebih dahulu sebelum kamu bisa masuk.

  • Naik lift

Saat berjalan-jalan, mungkin kamu akan membutuhkan lift ketika masih membawa koper. Tidak masalah. Namun, jika kamu sedang mengantri dan kemudian menemukan orang yang lebih membutuhkan (berjalan dengan tongkat, kursi roda, atau sejenisnya), maka kamu wajib untuk mendahulukannya terlebih dahulu.

Jika kamu perhatikan, sebenarnya beberapa aturan yang berlaku di Jepang adalah aturan standar. Namun sayangnya, banyak aturan standar tersebut yang sudah hampir tidak pernah diterapkan di Indonesia. Jadi, jangan sampai kamu membawa kebiasaanmu yang tidak teratur saat di Indonesia ke negara yang taat atura seperti Jepang. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *