Health and Beauty

Awas, Makanan Berikut Ini Bisa Meningkatkan Gula Darah, Lho

Ternyata, tak hanya lemak yang berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan: gula pun demikian. Oleh sebab itu, konsumsinya harus dibatasi setiap hari agar gula darah tidak meningkat. Tidak mau kan terus menerus melakukan monitor gula darah karena Anda tidak mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh?

Namun demikian, membatasi konsumsi gula harian juga tak cukup untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh, lho. Sebab ada banyak sekali makanan yang tanpa sadar bisa memicu peningkatan gula darah. Kenali apa saja makanan tersebut agar Anda bisa melakukan tindak pencegahan. Berikut daftarnya:

  1. Bagi para pekerja ibukota, kopi merupakan sesuatu yang sama sekali tidak boleh dilewatkan. Bisa dibilang, kopi bagaikan dopping yang harus dikonsumsi setiap pagi agar lebih konsentrasi saat bekerja. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kopi bisa meningkatkan kadar gula darah Anda? Terlebih jika kopi yang dikonsumsi adalah kopi susu kekinian yang sudah ditambah gula, krimer, serta pemanis lainnya. Wah, siap-siap saja deh gula darah Anda melonjak! Sebetulnya, boleh saja mengonsumsi kopi, hanya saja disarankan untuk mengonsumsi kopi hitam tanpa tambahan pemanis.
  2. Oatmeal instan. Oatmeal memang menyehatkan dan seringkali dijadikan sebagai sarapan alternatif untuk Anda yang sedang diet. Hanya saja, hindari mengonsumsi oatmeal instan yang banyak dijual di pasaran. Sebab alih-alih sehat, oatmeal ini justru tidak baik untuk tubuh karena mengandung banyak gula dan zat tambahan lainnya. Pilih rolled oats yang harus dimasak terlebih dahulu dan memiliki kadar indeks glikemik rendah agar Anda bisa kenyang lebih lama dan juga menyehatkan.
  3. Daging merah. Hati-hati: sepintas daging memang seolah tidak mengandung gula. Hanya saja, kandungan lemak di dalam daging ini membuat tubuh Anda sulit untuk mengelola kadar gula darah yang berdampak pada resistensi insulin. Sebagai gantinya, coba batasi konsumsi daging merah dan pilih bagian pinggang (loin).
  4. Roti memang terkesan harmless, hanya saja patut diingat juga bahwa roti memiliki kandungan gula. Roti mengandung karbohidrat serta 2 gram gula dalam setiap lembarannya. Nah, jika roti yang dikonsumsi disajikan bersamaan dengan selai atau bahkan gula pasir, terbayang dong berapa banyak gula yang dihasilkan? Baiknya, ganti dengan roti gandum, deh!

Itu dia beberapa makanan yang ternyata bisa meningkatkan gula darah. Mulai sekarang, hati-hati dalam memilih makanan, ya. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *