lensa kamera leica
Hoby

Begini Mencegah dan Mengatasi Lensa Kamera yang Berembun

Di zaman sekarang ini, kamera menjadi hal yang umum dimiliki oleh sebagian besar masyarakat. Hal sederhananya saja kamera yang ada pada ponsel masing-masing. Zaman sekarang, rasanya sangat jarang sekali ada yang menggunakan ponsel tanpa fitur kamera, paling tinggal kualitas kameranya saja yang berbeda. Selain itu, beberapa rumah yang menggunakan CCTV tanpa kabel murah juga pasti memiliki teknologi ini.

Ya, kamera memang menjadi sesuatu yang sangat dekat dengan setiap orang. Terutama kamera ponsel ataupun kamera DSLR yang akan menemanimu setiap saat, apalagi saat sedang berwisata. Sayangnya, kamera terkadang mengalami suatu masalah yang akhirnya membuat kita harus menunggu untuk bisa menggunakannya, yaitu ketika lensa kamera berembun.

Menurut situs creativeraw, masalah embun yang ringan sebenarnya tidak akan merusak fungsi kerja kamera maupun meninggalkan embun permanen pada lensa. Namun, jika hal ini terus terjadi secara berulang, maka bisa saja berdampak pada fungsi internal kamera sehingga tetap harus kamu perhatikan.

Lalu, bagaimanakah cara mencegahnya?

Embun pada kamera terjadi karena adanya perubahan suhu yang ekstrem dari dingin ke panas. Misalnya saja kamu sedang berwisata ke area yang dingin seperti ice world dan kemudian ke luar ruangan, maka dijamin lensa kameramu akan berembun. Atau terkadang, dari udara dingin AC di mobil ke luar mobil yang sedang memiliki cuaca panas. Hanya saja mungkin dalam kondisi ini embun yang muncul tidak akan parah.

Untuk mencegah munculnya embun, kamu bisa meletakkan lensa kamera pada tas tertutup yang memilikki zipper. Pastikan tas tertutup rapat sehingga udara di dalam akan terjaga. Lakukan hal ini sebelum menuju ke daerah yang memiliki perbedaan suhu ekstrem.

Bagaimana jika lensa kamera sudah berembun?

Nah, jika hal ini yang terjadi pastikan kamu tidak mengelap lensa kameramu. Melakukan hal tersebut justru bisa membuat lensa kamera menjadi tergores. Cara yang paling aman adalah bersabar menunggu hingga embun tersebut hilang. Karena embun tersebut hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya. Jika kamu sedang terburu-buru, maka kamu bisa memasukkan lensa kamera ke dalam tas dan usahakan agar tidak ada banyak udara di dalam tas tersebut.

Semoga informasi dan tips di atas bermanfaaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *