three kittens
Lifestyle

Begini Tahap Perawatan Anak Kucing

Apakah ini kali pertama kucing piaraanmu melahirkan? Jika ya, tentu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kitten atau anak kucing. Sebab seperti manusia, anak kucing juga memiliki cara perawatan yang berbeda dengan kucing remaja atau bahkan dewasa. Lalu, bagaimana sebetulnya tahapan usia anak kucing dan cara merawatnya? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya dalam paragraf berikut, ya!

Menurut laman Pet Finder, tahapan perawatan anak kucing dibagi ke dalam empat fase. Keempat tahapan tersebut adalah sebagai berikut:

Usia satu hingga delapan minggu

Pada fase ini, anak kucing masih sangat memerlukan kehadiran ibu dan saudara sekandungnya. Sebab, di usia ini anak kucing masih belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Sehingga, anak kucing bergantung sepenuhnya pada tubuh saudara sekandungnya untuk mencari kehangatan dan bertahan hidup, khusus ketika ibunya tidak ada di dekatnya. Pada masa ini pulalah daya lihat dan koordinasi kaki anak kucing sedang dalam proses pertumbuhan. Oleh sebab itu, upayakan untuk tidak sering ‘mengganggu’ atau memegang anak kucing dengan tangan kosong di waktu ini.

Usia delapan hingga sebelas minggu

Masa setelah delapan minggu adalah waktu ideal bagi anak kucing untuk berhenti menyusui dan mulai mengonsumsi makanan kucing secara mandiri. Kamu boleh memberikan makanan kucing yang basah ataupun kering, asalkan formula makannya padat energi dan kaya protein serta mudah dicerna oleh anak kucing. Pada masa ini pula kemampuan motorik anak kucingmu sudah mulai bertumbuh sempurna. Makanya siap-siaplah menghadapi anak kucing yang mulai berlarian, berlompatan, bermain ke sana kemari, hingga bepergian. Tips: hindarkan anak kucing dari tempat atau benda-benda berbahaya.

Usia empat bulan

Jika mengibaratkan manusia, masa ini adalah masa ‘balita’ anak kucing. Artinya adalah fase ini anak kucing akan tiba-tiba memiliki banyak sekali energi. Situs Pet Finder bahkan mengklaim di usia ini, anak kucing akan punya energi tiga kali lebih banyak daripada kucing dewasa. Jadi, bersiaplah karena anak kucingmu akan butuh energi yang banyak. Berilah makan setidaknya tiga kali sehari untuk anak kucingmu, ya.

Usia empat hingga enam bulan

Ini adalah tahapan terakhir anak kucing. Perhitungan usia kucing menunjukkan jika pada usia ini anak kucing akan masuk ke fase remaja. Sehingga, jangan heran ketika anak kucingmu sudah akan mulai memiliki birahi terhadap lawan jenisnya. Artinya, pada masa ini anak kucing akan memiliki hasrat untuk kawin. Jika kamu tidak ingin anak kucingmu hamil atau menghamili anak kucing lain, bawalah dia ke dokter hewan untuk dinetralkan (neutralized).

Itulah dia tahapan merawat anak kucing. Semoga informasi di atas berguna untukmu, ya! (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *