Business

Bekerja di Coworking Space Lebih Semangat, Benarkah?

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh freelance yang bekerja di rumah adalah kenyaman saat bekerja. Sementara bagi seseorang yang baru membuka sebuah usaha baru, mendapatkan ruang bekerja yang nyaman tanpa memberatkan keuangan, adalah sebuah masalah penting yang harus segera teratasi. Dan coworking space di Jakarta maupun kota lain di mana Anda berada bisa menjadi jawaban atas masalah tersebut.coworking space

Coworking space atau ruang kerja bersama, adalah sebuah ruang kerja layaknya ruangan kerja pada kantor biasa, tetapi ada banyak jenis usaha atau banyak perusahaan di dalamnya. Berbeda dengan ruang kerja konvensional, di mana Anda harus menyewa satu ruangan penuh dengan ukuran tertentu, pada coworking space ini Anda bisa menyewa hanya 1 meja, atau beberapa meja saja. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyewa hanya beberapa jam, hari, atau bulan sesuai kebutuhan Anda dengan tarif yang terjangkau.

Selain dari segi financial, ternyata memanfaatkan coworking space juga bisa meningkatkan semangat kerja, loh! Khususnya bagi Anda yang bekerja sebagai freelance atau Anda pemiliki sebuah perusahaan baru. Mengapa bisa begitu?

Bagi freelance yang bekerja sendiri atau jauh dari kantor tempatnya bekerja, biasanya pekerjaan akan diselesaikan di rumah. Kondisi ini terkadang membuat Anda merasa terisolasi dan juga suntuk karena tidak ada orang yang bisa diajak diskusi saat Anda sedang pusing dengan pekerjaan Anda. Untuk mengatasinya, mungkin Anda akan memilih untuk bekerja di kafe, jadi setidaknya Anda tidak merasa terisolasi. Sayangnya, bekerja di kafe akan membuat Anda mengalami banyak gangguan. Dari mulai ramainya orang yang mengobrol di sana, koneksi internet yang kurang stabil, dan berbagai gangguan lainnya. Sementara itu, jika Anda bekerja di coworking space, Anda akan bisa berinteraksi dengan orang lain. Bahkan, mungkin juga mereka bisa membantu Anda mendapatkan ide terkait dengan pekerjaan Anda.

Lalu bagaimana dengan Anda yang membuka usaha baru?

Menggunakan coworking space akan membantu Anda membangun sebuah koneksi baru dan juga meningkatkan pengalaman bisnis Anda. Kondisi ini tentunya akan menguntungkan Anda, apalagi jika salah satu penyewa di ruangan tersebut bisa menjadi klien potensial Anda. Namun tentunya, hal ini hanya bisa terjadi jika Anda melakukan interaksi pada orang di sekitar Anda, dan orang di sekitar Anda mendukung hal tersebut. Sebab, ada beberapa orang yang justru lebih senang bekerja dengan tenang dan tidak suka berinteraksi dengan pihak lain.

Sebelum memilih coworking, Anda harus cek fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas apa yang penting? Yang pasti koneksi internet dan listrik. Untuk lokasi, disarankan memilih yang dekat dengan target market atau bisa juga lokasi Anda. Dan hal yang perlu dicek tentu saja harga. Sekarang banyak coworking space yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan harga yang berbeda-beda, pilih yang sesuai kebutuhan dan kantong Anda.

Jadi, berminatkah untuk coba bekerja di ruang kerja bersama ini? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *