Health and Beauty

Beragam Tips Mengolah Masakan dengan Minyak Zaitun

Banyak yang masih ragu untuk menggunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk memasak. Hal ini memang bisa dimaklumi, sebab tak semua orang suka dengan rasa minyak zaitun. Namun demikian, asal tahu caranya, minyak zaitun ini ternyata mampu menambah cita rasa tersendiri pada masakan. Ditambah lagi, minyak zaitun juga lebih sehat karena tinggi asam lemak tak jenuh. Mencari minyak zaitun pun tidak sulit karena ada banyak sekali tempat jual minyak zaitun untuk membelinya.salad

Nah, untuk kalian yang ingin memasak dengan menggunakan minyak zaitun, berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

  1. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng. Untuk menumis sayur atau lauk pauk, alih-alih menggunakan minyak goreng, gantilah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun bisa menambah cita rasa masakan dan juga lebih sehat dibanding dengan minyak goreng biasa. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga punya tingkat kandungan lemak yang rendah jika dibanding dengan mentega yang kadar lemak jenuhnya tinggi. Kalian juga bisa menggunakan minyak zaitun ini sebagai media untuk menggoreng sehingga warna makanan yang digoreng terlihat lebih natural.
  2. Manfaatkan sebagai saus untuk salad. Bagi kalian yang suka mengonsumsi salad, minyak zaitun ini cocok untuk dijadikan sebagai Campurkan beberapa sendok minyak zaitun, lada bubuk, lemon, madu, dan juga garam untuk dijadikan sebagai saus yang agak pedas. Atau jika ingin saus yang agak gurih, kita dapat mencampurkan minyak zaitun dengan mustard, cuka, atau bahkan bawang putih. Dijamin, salad pun akan terasa lebih segar dan juga lebih sehat.
  3. Jadikan sebagai bahan rendaman. Ingin membuat masakan dengan teknik marinade agar rasanya lebih nikmat dan bumbu lebih meresap? Nah, manfaatkan minyak zaitun sebagai bahan rendamannya. Kalian bisa menambahkan beberapa bumbu lain sesuai selera sehingga rasanya lebih lezat. Dan yang pasti, aroma khas dari minyak zaitun ini akan menambah cita rasa baru pada masakan kalian.

Itu dia beberapa tips yang bisa dicoba jika kalian ingin membuat makanan dengan menggunakan minyak zaitun. Tekstur rasa minyak zaitun yang ringan dan lembut tentu akan menambah sedapnya rasa masakan kalian. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *