casece harvesting
Industry,  Technology

Berbagai Cara Memanen Hasil Pertanian

Memanen hasil, merupakan salah satu proses yang sangat penting dalam sebuah pertanian. Percuma saja jika Anda sudah memanfaatkan alat pertanian modern untuk mengolah tanah dan juga berbagai proses lainnya, tetapi justru melakukan kesalahan saat memanen. Akibatnya, Anda tidak bisa mendapatkan hasil panen yang sempurna sehingga bisa menurunkan nilai dari hasil pertanian Anda. Kegagalan saat memanen bisa terjadi akibat beberapa hal, seperti:

  • Panen dilakukan jauh sebelum waktu yang seharusnya
  • Menggunakan cara yang salah saat memanen

Untuk penyebab pertama, tentu penyelesaiannya sangat mudah yaitu Anda harus mempertimbangkan dengan baik kapan waktu panen yang tepat. Sementara untuk penyebab kedua, penyelesaiannya adalah dengan memahami cara panen yang tepat untuk jenis pertanian Anda.

Nah, sebelum membahas mengenai cara pertanian yang tepat, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu memahami berbagai cara panen hasil pertanian, yaitu:

  1. Manual harvesting

Cara panen manual dilakukan secara tradisional menggunakan alat-alat tradisional juga. Misalnya menggunakan gunting, sabit, atau bahkan memotong tangkai secara manual dengan tangan tanpa menggunakan alat apapun.

  1. Mechanical harvesting

Panen dengan cara ini dilakukan menggunakan alat bantu berupa mesin pemanen. Namun, untuk cara ini jenis alat yaang digunakan harus sesuai dengan jenis tanamannya. Ada beberapa jenis alat pemanen, yaitu:

  • Mesin panen untuk biji-bijian
  • Mesin panen untuk sayuran
  • Mesin panen dengan sistem menggali
  • Dan sebagainya

Keuntungan melakukan panen dengan mesin pemanen yaitu, prosesnya dapat berlangsung dengan lebih cepat. Sebab, mesin ini mampu memanen dalam jumlah banyak sekaligus. Tidak hanya itu, beberapa jenis mesin pemanen juga sudah dilengkapi dengan kemampuan tambahan yang dapat memproses hasil panen secara langsung. Misalnya untuk mesin pemanen biji-bijian, beberapa mesin memiliki kemampuan untuk memisahkan kulit dengan bijinya langsung setelah dipanen. Hal ini tentu saja akan semakin mempercepat proses pengolahan hasil panen sehingga bisa segera diproses ke tahap selanjutnya.

Jika dilihat dari penjelasan di atas, memanen menggunakan mesin pemanen mungkin akan terlihat sangat menguntungkan. Namun jangan salah, jika Anda atau operator yang mengoperasikan mesin ini belum benar-benar paham, maka penggunaan mesin ini justru bisa menyebabkan Anda mengalami gagal panen. Tidak hanya itu, pemilihan alat yang salah juga kurang mendukungnya kondisi lahan pertanian Anda untuk menggunakan mesin pemanen juga bisa menjadi penyebab kegagalan panen. Itulah sebabnya, pastikan Anda mencari informasi sedetail mungkin mengenai kebutuhan dan cara pengoperasian mesin pemanen yang akan digunakan, sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *