Travelling

Berlibur Ke Pontianak? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Ini

Kota Pontianak adalah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, salah satu Provinsi di Indonesia. Kota Pontianak terkenal dengan Kota Khatulistiwa karena dilalui oleh garis lintang 00. Menjadikan kota yang satu ini sebagai destinasi berlibur tidak salah karena kota yang satu ini memiliki banyak hal-hal khas yang jarang ditemukan di tempat lain. Namun pasti kamu pernah mengalami di mana rasanya sangat sedih jika waktu liburan sudah harus selesai apalagi momen checkoutdari hotel Gajah Mada Pontianak.

Nah, kamu bisa mengurangi rasa sedih karena waktu liburan kamu sudah habis itu dengan membeli beberapa buah tangan khas daerah setempat yang bisa kamu nikmati pada saat sampai di rumah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan oleh-oleh khas Pontianak ini ke keluarga atau kerabat dekat. Nah, untuk oleh-olehnya itu sendiri kamu bisa membaca artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya!

  • Bingke

Kue yang menyerupai kelopak bunga ini sudah dikenal sejak lama sebagai makanan khas Pontianak yang wajib hukumnya untuk dicicipi bagi kamu yang sedang berlibur disana. Bingke ini sendiri terbuat dari tepung beras, telur, gula, susu, santau, garam dan vanili. Bingke ini selain memiliki rasa originaljuga memiliki variasi rasa yang lain seperti coklat, susu, keju, kentang, kacang hijau, durian, pisang, jagung, labu, nangka dan pandan. Cukup variatif, bukan? Bingke ini memiliki tekstur yang lembut seperti agar agar. Kue yang satu ini dibuat dengan cara dibakar atau dipanggang.

  • Olahan lidah buaya

Selain bingke, lidah buaya juga merupakan salah satu hal yang menjadi ciri khas kota Pontianak. Di kota ini, berbagai olahan lidah buaya diolah menjadi berbagai macam jenis makanan hingga minuman. Mulai dari manisan hingga dodol lidah buaya. Untuk minuman lidah buaya ini sendiri akan lebih nikmat jika disajikan secara dingin ataupun dengan es batu. Dipercaya oleh para masyarakat di Pontianak bahwa Aloe Veraini bisa meredakan panas dalam.

  • Kuku macan

Jangan kaget pada saat mendengar nama dari makanan yang satu ini. Kuku macan ini merupakan sebuah snack yang terbuat dari ikan, tepung tapioka, bawang putih dan aneka bumbu yang diolah menjadi kerupuk khas Pontianak. Kamu tidak benar-benar harus memakan kuku macan, kok. Hanya saja bentuknya yang menyerupai kuku macan ini dijadikan alasan mengapa dinamakan menjadi kuku macan.

Itu dia oleh-oleh khas Pontianak yang sangat wajib kamu beli untuk dibagikan kepada keluarga dan kerabat. Tidak perlu bingung mencari tempat untuk membelinya, karena ada banyak tempat belanja oleh-oleh khas Pontianak yang bisa kamu datangi. Namun, ada baiknya jika kamu mencari tahu terlebih dahulu tempat membeli dengan harga yang murah dan enak. Sebab, sama halnya dengan Batam yang memiliki Nagoya Hill sebagai tempat belanja murah, Pontianak juga pasti memilikinya. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *