diabetes tipe 1
Health and Beauty

Bisakah Diabetes Tipe 1 Disembuhkan?

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh masyarakat. Memang, penyakit ini tidak secara langsung menyebabkan kematian seperti penyakit kanker atau penyakit kronis lainnya. Namun, komplikasi yang bisa terjadi akibat penyakit ini juga sangat fatal. Itulah sebabnya, melakukan pengecekan menggunakan alat tes diabetes sejak dini sangat dianjurkan, terutama untuk Anda dengan riwayat keluarga penderita diabetes tipe 1.

Mengapa hal tersebut penting? Sebab, meskipun belum diketahui pasti faktor penyebab seseorang menderita diabetes tipe 1, tetapi diperkirakan seseorang dengan riwayat keluarga menderita penyakit tersebut akan memiliki risiko yang cukup besar menderita diabetes tipe 1 juga.

Yap, berbeda dengan diabetes tipe 2 yang umumnya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, diabetes tipe 1 memang lebih sulit untuk diprediksi. Sebab, diabetes tipe 1 adalah kondisi di mana sel pankreas tidak bisa memproduksi insulin secara normal. Lebih parahnya lagi, imun dalam tubuh penderita diabetes tipe 1 yang seharusnya menyerang virus, bakteri, atau zat asing lain masuk ke dalam tubuh, justru malah menyerang sel pankreas karena dianggap sel berbahaya. Akibatnya, sel ini akan semakin mengalami kerusakan dari mulai memproduksi insulin dalam jumlah sedikit hingga tidak memproduksi sama sekali.

Lalu, bisakah penyakit diabetes tipe 1 disembuhkan?

Hingga saat ini, prosesnya rata-rata hanya mengambil tindakan agar penyakit ini tidak semakin parah. Misalnya dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Suntik insulin

Sel pankreas penderita diabetes tipe 1 tidak bisa memproduksi insulin sesuai jumlah yang dibutuhkan. Sementara untuk dapat memproses glukosa, dibutuhkan insulin. Untuk dapat memenuhi kebutuhan insulin, maka dilakukanlah suntik insulin. Dokter akan mengajarkan pada pasien bagaimana cara menyuntikkan insulin sendiri ke dalam tubuh aagar pasien bisa melakukannya sendiri di rumah. Dosis insulin akan menyesuaikan dari kondisi pasien.

  1. Obat minum

Selain suntik insulin, pada beberapa kondisi dokter juga akan memberikan obat minum untuk membantu proses pengobatan. Namun, insulin tidak akan diberikan dalam bentuk obat minum karena akan tecerna dalam lambung.

  1. Perubahan gaya hidup

Hal yang paling penting adalah perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis, dan juga tingkatkan aktivitas dengan berolahraga secara teratur untuk membantu proses pengobatan.

Namun, seperti yang telah dijelaskan di atas berbagai cara tersebut hanya mencegah penyakit ini agar tidak semakin parah. Mengenai kesembuhannya sendiri, hingga saat ini para peneliti masih terus mencari cara bagaimana untuk menyembuhkan peenyakit ini. Meskipun begitu, berdasarkan pada situs klikdokter, saat ini para peneliti telah menemukan heatshock protein yang jika disuntikkan pada tubuh akan menjadi umpan baik pengganti ssel pankreas. Dengan begitu, sistem imun akan menyerang protein ini dan mengabaikan sel pankreas. Namun, penyembuhan ini hanya bisa dilakukan pada penderita dengan sel beta pankreas yang masih hidup. Jika sel tersebut sudah mati, maka cara inipun tidak akan efektif. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *