blocksite 3-min
Parenting,  Technology

Bisakah Memblokir Situs Agar Tidak Bisa Diakses?

Pemerintah terus berusaha melakukan pencegahan akses konten pornografi dengan melakukan blokir pada berbagai situs yang dianggap mengandung hal negatif tersebut. Namun sayangnya, begitu banyaknya situs berisi konten tersebut yang bisa diakses dengan layanan internet rumah membuat pemblokiran keseluruhan sulit dilakukan. Padahal hal ini sangat penting untuk menciptakan internet sehat terutama untuk Anda yang memiliki anak kecil.

Zaman sekarang, anak sudah sangat mengenal dunia internet. Bahkan banyak juga anak yang sudah paham dan mampu mengakses situs tertentu tanpa bantuan orang dewasa sejak usianya masih dini. Untuk kondisi seperti ini, melakukan blokir pada situs tertentu yang dapat memberi pengaruh buruk pada anak tentulah sangat penting.

Lalu, bagaimanakah caranya? Melaporkan pada kementrian teknologi dan informatika agar diblokir pastilah membutuhkan waktu panjang. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa memblokir situs-situs tersebut langsung pada browser yang digunakan. Berikut ini adalah caranya (hanya pada browser chrome):

  • Install BlockSite

Untuk bisa memblokir sebuah situs tertentu, Anda harus menggunakan extension bernama blocksite yang bisa didownload di sini. Setelah proses download extension selesai dan terinstal pada browser chrome Anda maka extension tersebut akan meminta persetujuan Anda untuk mengakses informasi mengenai situs yang Anda kunjungi. Jika dalam situs yang dikunjungi terdeteksi mengandung adult content maka extension ini akan melakukan blokir.

blocksite 1

  • Add address

Setelah proses instal dan izin sudah selesai maka Anda bisa memasukkan daftar situs yang ingin diblokir. Anda bisa memasukkan lebih dari satu situs dan mengaturnya apakah blokir akan berlaku secara permanen atau dijadwal. Tenang saja, meskipun blokir Anda atur secara permanen, tetapi Anda bisa menghapus situs tersebut dari dalam daftar kapan saja Anda ingin. Setelah dihapus maka situs tersebut dapat kembali dibuka.

blocksite 2

 

Selain dengan cara manual atau memasukkan daftar situs yang ingin diblokir, Anda juga bisa melakukannya dengan mengklik kanan pada layar browser dan kemudian pilih “blocksite-website blocker for chrome”. Secara otomatis situs tersebut akan masuk ke dalam daftar situs yang diblokir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *