baby under air conditioner
Parenting

Bolehkah Bayi Berada di Ruangan Ber-AC?

AC menjadi hal yang pasti ada saat berada di berbagai fasilitas umum. Seperti mall, rumah sakit, restoran, dan sebagainya. Namun biasanya, beberapa ruang fasilitas umum yang berukuran besar menggunakan AC Sentral agar pengaturannya dapat lebih mudah diawasi. Berbeda dengan AC pada hunian yang menggunakan AC Split dan pengaturannya dilakukan secara manual.

Penggunaan AC ini ditujukan untuk membuat orang yang berada di dalam ruangan merasa nyaman karena tidak akan terasa kepanasan. Namun, bagaimana jika yang berada di ruangan adalah bayi? Sebab, ada beberapa informasi yang mengatakan bahwa bayi tidak boleh terlalu lama berada di ruang ber-AC.

Berikut ini adalah pembahasannya:

Menurut situs Babycenter, para dokter justru lebih menyarankan bayi terutama yang baru lahir berada di ruangan dengan AC dibandingkan dengan ruangan yang panas atau ruang yang lembap. Alasannya, karena bayi masih belum memiliki kemampuan untuk menyesuaikan suhu tubuhnya seperti pada orang dewasa. Akibatnya ketika bayi berada di ruangan panas atau lembap, bayi justru akan berisiko mengalami beragam masalah kesehatan, seperti:

  • heatstroke,
  • dehidrasi, dan
  • heat rash.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan AC pada ruang untuk bayi Anda, yaitu:

  1. Jaga suhu ruangan agar tidak terlalu rendah juga terlalu tinggi. Ketika suhu pada ruangan terlalu berlebihan, pasti akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan kesulitan untuk tidur. Akibatnya bayi kekurangan waktu istirahat yang dibutuhkannya dan bisa berdampak buruk pada kesehatannya. Menurut situs Ambiclimate, ahli kesehatan menyarankan suhu terbaik untuk bayi adalah 18°C sampai 21°C. Tentunya hal ini bisa berubah tergantung pada situasi cuaca dan iklim dari suatu daerah.
  2. Pastikan bahwa AC dibersihkan dan dirawat secara rutin. Sebab ketika AC sudah kotor dan tidak dibersihkan, maka akan sangat memengaruhi kualitas udara yang dihasilkan. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka dapat berpengaruh juga pada kesehatan bayi. Terutama untuk bayi yang memiliki masalah pernapasan.
  3. Jangan pernah meletakkan bayi di area yang langsung mengarah pada AC. Sebab, hal ini akan membuatnya merasakan dingin yang menyengat. Selain itu, pastikan bayi menggunakan pakaian yang akan membuatnya merasa nyaman di ruang ber-AC.

Sama halnya dengan orang dewasa, AC juga bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering. Sementara orang dewasa melakukan beberapa cara agar kulit tidak kering karena terpapar AC kantor, Anda juga perlu memastikan kelembapan kulit bayi dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsultasikan pada dokter jika kulit bayi kering berlebihan saat berada di ruang ber-AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *