Parenting

Cara Menyenangkan Melatih Anak Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan dan menyenangkan bagi anak. Namun, masih banyak anak-anak yang belum bisa berenang dan sekedar bermain air di kolam saja. Padahal, jika anak sudah diajarkan berenang sedari kecil, akan sangat bermanfaat bagi tubuhnya. Nah, supaya Si Kecil tertarik untuk berenang, Anda bisa mengajaknya ke wahana air di Jakarta dan melatih anak berenang dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini.anak berenang

  • Perhatikan Kesehatan dan Mood Anak

Pertama-tama sebelum mengajak anak untuk belajar berenang, pastikan kondisi anak sehat dan sedang bersemangat. Sebab jika ia sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas, ia akan lebih sulit untuk menyerap latihan berenang yang Anda berikan. Hal ini nantinya juga membuat Anda lebih lelah dan sulit untuk sabar, sehingga latihan berenang jadi jauh dari kata menyenangkan.

  • Mengenalkannya dengan Air

Meskipun berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Nyatanya tidak semua anak suka bermain air di kolam. Ada berbagai alasan, mulai dari takut dingin atau khawatir tenggelam. Karenanya, sebelum mengajarkan cara berenang pada anak cobalah untuk mengenalkannya dengan air. Misalnya dengan mencipratkannya dengan air terlebih dahulu baru mengajaknya untuk masuk ke kolam dan berendam menggunakan pelampung.

  • Menguasai Teknik Dasar

Untuk melatih anak Anda supaya bisa berenang, tentu Anda juga perlu mengetahui bagaimana teknik dasar berenang yang benar. Akan lebih baik juga jika Anda mempraktikkannya terlebih dahulu supaya Si Kecil lebih mengerti.

  • Mulai Dari Tepi Kolam

Setelah itu, barulah mulai ajarkan Si Kecil untuk berlatih di tepi kolam terlebih dahulu. Ajarkan ia untuk menggerakan kaki dan “bercipak-cipuk” dulu di air. Setelah ia merasa nyaman dan percaya diri, baru ajarkan ia untuk bergerak dalam air, menyelam dan bagaimana menahan napas di dalam air.

  • Jangan Lupa Pastikan Keamanan dan Kesehatan

Oh iya, hal yang tidak kalah penting agar Si Kecil tetap senang berlatih renang, jangan lupa pastikan kolam renang yang digunakan bersih dan terawat ya. Pastikan ph air yang digunakan ideal dan suhunya tidak terlalu dingin. Pakaikan juga perlengkapan renang untuk anak yang lengkap, seperti pelampung, baju renang dan kacamata renang.

Nah, itu dia tips mengajarkan anak berenang agar aman dan menyenangkan. Good luck! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *