Perut kembung umum terjadi pada setiap orang, termasuk anak-anak. Meskipun sudah umum terjadi, tetap saja perut kembung tidak bisa disepelekan. Perut kembung menandakan ada yang tidak beres pada sistem pencernaan dan tentunya sangat tidak nyaman. Jika anak Anda terus menerus mengalami perut kembung, segeralah bawa ke dokter untuk diperiksa. Untuk urusan biaya pengobatan, Anda bisa mengajukan klaim asuransi jika anak Anda telah terdaftar dalam polis asuransi kesehatan. Sedangkan untuk mencegah perut kembung pada anak, Anda bisa mencoba beberapa penanganan seperti di bawah ini: (alodokter.com)

anak sakit

Source: whatsnewinfitness.com.au

  • Menghindari makanan manis

Sebaiknya batasi makanan manis seperti permen karet dan minuman yang bersoda untuk anak. Mengapa? Pasalnya, makanan dan minuman manis mengandung pemanis buatan (sorbitol) atau sejenis gula (fruktosa) yang bisa menyebabkan perut kembung.

  • Membatasi sayuran tertentu

Sayuran seperti kubis dan bawang ternyata bisa memproduksi gas yang mengandung sulfur, sehingga membuat perut kembung dan rasa tidak nyaman pada perut. Terlebih lagi jika anak Anda sering sekali buang gas dalam sehari. Normalnya, dalam satu hari seseorang bisa buang gas hingga 20 kali. Jika sepertinya anak Anda sudah buang gas lebih dari jumlah tersebut, maka sebaiknya hentikan dulu memberikan asupan sayur yang memicu produksi gas.

  • Kurangi memberi makanan yang berlemak

Makanan berlemak memang umumnya nikmat dan disukai oleh anak-anak. Akan tetapi, perhatikan jumlah makanan berlemak yang dikonsumsi oleh anak Anda – jangan sampai melebihi jumlah yang diperlukan. Makanan berlemak dapat menyebabkan perut kembung, sehingga disarankan untuk membatasi asupannya.

  • Ajarkan untuk mengunyah makanan dengan benar

Ketika makan, ternyata belum tentu anak Anda mengunyah makanannya dengan benar. Karena itu, perhatikanlah cara ia mengunyah makanan. Jika ternyata ia mengunyah terlalu cepat atau kurang lama mengunyahnya, perbaikilah kebiasaan tersebut dengan memberi tahu cara mengunyah yang benar. Mengunyah yang baik adalah yang dilakukan secara perlahan, santai, dan tidak terlalu terburu-buru. Pastikan juga anak mengunyah makanan hingga benar-benar lunak sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah perut kembung pada anak. Semoga membantu! (Rima)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *