Automotive

Ciri Dinamo Ampere Mobil Bermasalah

Dinamo ampere atau alternator adalah komponen pada mobil yang memegang peran penting dalam sistem kelistrikan mobil, sama halnya dengan oli mobil terbaik yang berperan penting dalam sistem pelumasan mobil. Komponen ini berperan sebagai generator penghasil arus listrik yang nantinya akan diisikan ke aki. Tanpa adanya listrik yang dihasilkan oleh komponen ini, maka aki tidak akan memiliki tegangan listrik yang cukup untuk menjalankan fungsinya.

Pada dasarnya, komponen ini bukan termasuk komponen yang mudah rusak. Meskipun begitu, bukan berarti komponen ini tidak bisa mengalami kerusakan sama sekali. Usia pakai yang sudah lama serta perawatan yang tidak dilakukan dengan benar bisa menjadi penyebab komponen ini bermasalah. Ketika hal tersebut terjadi, biasanya akan memberikan beberapa tanda, yaitu:

  • Mengeluarkan bau terbakar

Aroma terbakar yang muncul bisa terjadi akibat berbagai hal. Biasanya terjadi akibat karet pada komponen mesin yang rusak sehingga menimbulkan aroma tersebut. Salah satunya yaitu ketika karet pada dinamo ampere tidak terpasang benar atau sudah mengalami kerusakan, maka aroma ini akan muncul.

  • Lampu indikator menyala

Lampu indikator pada dashboard mobil menunjukkan adanya masalah pada komponen mesin. Ketika yang bermasalah adalah dinamo ampere, maka lampu indikator bergambar aki yang akan terus menyala. Ini merupakan salah satu tanda adanya masalah pada sistem kelistrikan mobil, salah satunya komponen dinamo ampere.

  • Sistem kelistrikan bermasalah

Banyak yang langsung berpikir bahwa ketika sistem kelistrikan bermasalah artinya aki yang rusak. Padahal kenyataannya, sistem kelistrikan memiliki banyak komponen dan dinamo ampere adalah salah satunya. Ciri dari sistem kelistrikan yang bermasalah ini yaitu lampu mobil mulai meredup, klakson yang suaranya mulai berubah, dan sebagainya.

  • Aki tetap tidak berfungsi

Seperti yang telah disebutkan, aki menjadi sasaran utama kecurigaan pemilik mobil saat sistem kelistrikannya bermasalah. Namun, jika Anda sudah mengetes aki dan dapat berfungsi normal tetapi kembali tidak berfungsi saat di mobil, artinya bukan aki masalahnya. Cobalah untuk memeriksa komponen lainnya.

Jika Anda menemukan salah satu dari ciri di atas terjadi pada mobil kesayangan, maka segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *