buah pisang dan nanas
Health and Beauty

Daftar Buah yang Bisa Membantu Redakan Sakit Pinggang

Rasa sakit atau nyeri di area pinggang mungkin sudah menjadi hal yang tak asing bagi kita. Pasalnya, selama periode WFH, posisi bekerja yang buruk membuat sendi, otot, serta tulang mengalami peradangan. Meskipun tak membahayakan karena bisa hilang dengan sendirinya, sakit pinggang ini juga bisa membahayakan—dan bahkan membuat Anda harus periksa ke dokter dan memanfaatkan asuransi kesehatan Anda, lho.

Untuk itu, melansir situs Everyday Health, pemenuhan nutrisi yang tepat bisa membantu mengurangi serta menghindarkan Anda dari risiko sakit pinggang. Konsumsi buah pun sangat disarankan karena buah mengandung zat antiinflamasi, omega-3 tinggi, serta protein. Berikut beberapa buah yang bisa dicoba:

  1. Pisang. Tak hanya mengenyangkan dan nikmat dikonsumsi, pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang sering mengeluh merasakan nyeri di area pinggang. Buah pisang mengandung kalium serta mampu menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Tak hanya itu, kalium pada pisang juga berkhasiat untuk menjaga fungsi otot, saraf, serta mengurangi pembengkakan otot pinggang.
  2. Nanas. Tak banyak yang tahu jika nanas juga baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit nyeri pinggang. Nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi sebagai agen antiinflamasi, sehingga bisa membantu meredakan kondisi peradangan. Namun demikian, tetap konsumsi secukupnya saja dan jangan berlebihan, ya!
  3. Ceri. Meskipun sulit ditemui di pasaran, ceri ternyata bisa membantu mengurangi sakit pinggang. Pasalnya, ceri mengandung zat antioksidan yang tinggi dan mampu memperlambat proses peradangan di dalam tubuh. Jika kebetulan menemukan buah ini di supermarket, boleh dicoba beli dan konsumsi, ya.
  4. Delima. Terakhir adalah buah delima. Delima mengandung antioksidan tinggi yang mampu mengurangi rheumatoid arthritis secara keseluruhan. Delima juga sangat nikmat dikonsumsi secara langsung, terutama dalam keadaan dingin.

Selain buah yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa meningkatkan nutrisi dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum atau pasta. Bisa juga mengimbanginya dengan memakan sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli atau bayam yang mengandung magnesium tinggi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *