Di Indonesia, profesi arkeolog bisa dibilang kurang populer dan tak jarang dipandang sebelah mata. Padahal, profesi ini sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, banyak orang yang tidak mengetahui lebih lanjut tentang profesi ini dan percaya dengan stereotip yang beredar. Akan tetapi, salah satu edutainment park in Jakarta , yakni KidZania, mengajak anak-anak Indonesia untuk mengenal lebih lanjut tentang profesi yang satu ini.arkeolog kidzania

Di salah satu establishment-nya, anak-anak bisa melakukan penggalian untuk menemukan artefak dan meneliti sejarah masa lalu. Dengan konsep fun & experiental learning ini anak-anak tentunya bisa belajar dan memahami profesi arkeolog lebih dalam. Dengan demikian, kegiatan ini dapat membantu memperluas wawasan masyarakat dan tidak lagi memandang profesi ini dengan sebelah mata.

Nah, untuk kamu yang belum tahu banyak soal arkeolog, coba simak beberapa fakta menarik tentang profesi yang satu ini, yuk!

  • Penghasilan terjamin

Hayo, siapa nih yang beranggapan bahwa arkeolog susah dapat kerja dan penghasilannya tidak terlalu besar? Pasalnya, menurut hasil penelitian dari ziprecruiter.com, rata-rata penghasilan arkeolog di Amerika Serikat bisa mencapai 39,929 USD pertahun atau sekitar Rp500 juta-an. Tentunya semua tergantung dengan skill dan posisi pekerjaan.

  • Bukan menggali fosil

Biasanya banyak orang salah paham dan menganggap arkeolog bertugas menggali fosil. Jangan tertukar, yang bertugas menggali fosil adalah paleontolog. Tugas arkeolog adalah mencari dan menggali artefak, yakni barang-barang yang digunakan oleh orang-orang terdahulu.

  • Bukan hanya sekedar menggali

Kelihatannya mungkin pekerjaan arkeolog itu simpel, hanya menggali dan menggali artefak. Akan tetapi, menggali artefak itu tidak semudah yang kamu bayangkan. Dibutuhkan keterampilan dan kesabaran untuk melakukannya. Menggali artefak pun memiliki makna yang lebih dalam. Dengan menemukan peninggalan manusia terdahulu, arkeolog bisa meneliti seperti apa kehidupan sehari-hari mereka.

  • Wajib meminta izin

Sehandal apa pun arkeolog, mereka tidak dibolehkan untuk melakukan penggalian di tempat excavation. Mereka wajib meminta izin kepada yang berwenang. Selain itu, jika arkeolog menemukan barang berharga seperti emas atau lainnya, mereka wajib mengembalikan dan melaporkannya.

Bagaimana, apa ada informasi baru yang kamu temukan tentang profesi arkeolog setelah membaca artikel ini? Semoga bermanfaat ya! (Rima)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *