Fiber Optic Cable
Technology

Fiber Optic, Layanan Internet Mutu Tinggi

Bicara soal internet cepat, apakah kamu mengenal dengan jenis fiber optic? Fiber optic merupakan salah satu  jenis layanan internet yang terbaik hingga sekarang.

Sebelum berbicara jauh tentang fiber optic, di dalam Rumah.com dikatakan bahwa fiber optic merupakan salah satu jenis kabel dengan proses pembuatan teknologi canggih pada saat ini yang terbuat dari serat-serat kaca.

Apakah kamu tahu bahwa terdapat beberapa keuntungan maupun kekurangan dari penggunaan kabel optik satu ini? Dalam segi keuntungannya, kabel satu ini dapat beroperasi dengan kecepatan sangat tinggi dalam menyalurkan data maupun informasi. Daya pengiriman sinyal layanan satu ini juga lebih jauh bila dibandingkan dengan jenis yang lain. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan keadaan cuaca. Banyak dari layanan internet yang mudah terganggu karena cuaca yang tidak stabil. Dengan menggunakan fiber optic, tentu segala kondisi tidak akan berpengaruh dalam penyaluran layanan internet. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup besar dalam perawatan karena kabel cukup ringan dan fleksibel, selain itu tidak mudah terjadi korsleting atau terbakar karena bahan yang digunakan adalah serat kaca.

Kekurangan dari fiber optic adalah harganya yang cukup mahal. Dibandingkan dengan kabel layanan internet lain, fiber optic termasuk yang paling mahal. Cukup sulit juga dalam melakukan instalasi jenis kabel ini karena membutuhkan keahlian khusus. Terdapat beberapa spekulasi menyebabkan loss data karena potensi penyerapan hidrogen.

Banyak keuntungan yang diberikan dengan menggunakan fiber optic. Untuk kualitas yang terbaik, tentu kamu dapat mempertimbangkan jenis satu ini untuk layanan internet terbaik. Bagi kamu yang membutuhkan layanan internet untuk pekerjaan berat tentu fiber optic cukup membantu kamu dalam segala keseharian. Internet yang diberikan juga lebih stabil dan sulit mendapat gangguan karena perubahan cuaca. Namun perlu diingat, masih cukup sulit untuk menemukan layanan fiber optic. Masih cukup jarang beberapa layanan internet di Indonesia yang menyediakan fiber optic.

Layanan internet apapun memiliki sisi baik dan buruknya. kembali lagi kepada pilihan kamu untuk menyesuaikan layanan internet yang kamu butuhkan. Selamat beraktivitas! (VIKW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *