gagal interview kerja
News

Gagal Interview Kerja? Yuk, Kenali Alasannya!

Gagal saat interview memang menyedihkan. Pasalnya, kamu sudah meluangkan waktu untuk mengikuti serangkaian tes di Assessment Center Indonesia, mengikuti tahap interview dengan sebaik-baiknya, namun kemudian gagal di titik tersebut. Tak jarang kamu merenungi kegagalanmu, mencari-cari di mana titik yang salah, hingga akhirnya menyesali diri. Hanya saja, perlu kamu ketahui bahwa kegagalan saat interview tak melulu disebabkan oleh faktor dari dalam diri. Tak jarang, kamu gagal interview karena hal-hal lain yang berada di luar kuasamu, seperti:

  1. Tidak sesuai kriteria yang dicari. Patut diingat bahwa gagal pada saat interview bukan berarti kemampuanmu dipertanyakan. Seringkali, gagal interview disebabkan karena kamu bukan kandidat yang dicari oleh perusahaan. Mungkin kamu punya kemampuan yang segudang dan skill yang outstanding, namun jika kamu tidak masuk kriteria yang dicari, maka HR dan user pun dengan berat hati menolakmu. Oleh sebab itu, sebelum melamar pastikan kamu sudah memenuhi kualifikasi dan kriteria yang dicari, ya!
  2. Ekspektasi gaji. Alasan selanjutnya adalah ekspektasi gaji. Saat memasuki tahap interview, pertanyaan mengenai ekspektasi gaji pastinya akan muncul, terlebih ketika HR dan user merasa kamu adalah kandidat terkuat untuk posisi tersebut. Hanya saja, perusahaan biasanya telah memiliki standar besaran gaji untuk setiap posisi. Jika ekspektasi gaji yang kamu ajukan berada jauh di atas standar tersebut, bukan tidak mungkin perusahaan akan berpikir dua kali. Memang, biasanya HR akan melakukan negosiasi denganmu. Akan tetapi, jika kedua pihak tak bisa mencapai titik temu, maka perusahaan akan beralih ke kandidat berikutnya.
  3. Budaya kerja tidak cocok. Ketika proses interview, baik HR atau user akan melontarkan beberapa pertanyaan mengenai problem solving, budaya kerja, hingga hal-hal lain yang berkaitan dengan gaya kerja kamu. Dari sinilah mereka akan menilai apakah kamu merupakan individu yang tepat untuk posisi tersebut. Jika kualifikasi kamu dianggap cocok namun budaya kerja kamu tak sesuai dengan perusahaan, mungkin inilah alasan mengapa kamu gagal.

Ketiga hal di atas bisa menjadi alasan mengapa kamu gagal dalam interview. Bisa saja ada pertimbangan lain dari perusahaan sehingga kamu tidak terpilih. Yang pasti, jangan langsung down dan jadikan kegagalan ini sebagai bahan untuk introspeksi diri. Kenali kelebihan dan kekuranganmu, serta maksimalkan semua potensi dalam diri. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *