mengendarai mobil saat hujan
Tips

Hindari Kesalahan Berkendara saat Hujan Berikut Ini

Mulai memasuki musim hujan biasanya intensitas pengguna mobil akan meningkat. Mengapa? Karena jika membawa mobil pribadi kamu tidak perlu khawatir akan kebasahan akibat harus berganti-ganti kendaraan. Kamu juga bebas untuk pulang kapan saja bahkan saat hujan sedang lebat-lebatnya. Apalagi jika mobil sudah dilindungi asuransi mobil, jadi lebih tenang deh berkendara.

Ya, membawa mobil sendiri saat musim hujan memang lebih nyaman. Namun tahukah kamu bahwa berkendara saat musim hujan lebih berisiko meningkatkan terjadinya kecelakaan? Dan banyak dari kecelakaan tersebut adalah akibat humaan error. Tentunya kamu tidak mau mengalaminya kan? Itulah sebabnya kamu harus menghindari beberapa kesalahan berikut:

  • Mematikan AC

Hujan, udara dingin, jadi tidak butuh AC. Beberapa orang ada yang berpikir seperti itu. Padahal kenyataannya mematikan AC saat hujan berpotensi memunculkan embun pada kaca bagian dalam mobil. Penyebabnya adalah udara di luar yang jauh lebih dingin dibandingkan dengan di dalam kabin AC.

  • Menyalakan lampu hazard

Saat hujan sedang sangat deras sekali, banyak yang kemudian menyalakan lampu hazard. Alasannya karena lampu ini menyala secara berkedip sehingga dapat lebih terlihat oleh kendaraan lain agar meningkatkan kewaspadaan. Namun lampu hazard yang dinyalakan akan membuatmu tidak bisa menggunakan lampu sein. Akibatnya mobil di sekitarmu tidak tahu arah kendaraanmu, apakah akan pindah jalur, belok kanan, atau belok kiri. Hal ini akan sangat berbahaya bagimu dan pengendara lainnya.

  • Kecepatan tinggi

Meskipun tidak kehujanan dan nyaman berada di dalam mobil, kenyataannya banyak orang yang tetap saja menyetir dengan kecepatan tinggi dalam hujan agar cepat sampai. Padahal dalam kondisi hujan jarak pandangmu akan semakin terbatas. Tidak hanya itu, risiko terjadi aquaplaning yang menyebabkan mobilmu selip dan juga ketidakwaspadaan pengendara motor akan sangat berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan. Itulah sebabnya, kamu tetap harus berkendara secara wajar bahkan lebih pelan saat kondisi hujan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi sekeliling.

Semoga dengan tidak melakukan kesalahan tersebut kamu jadi bisa terhindar dari risiko kecelakaaan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *