jalan menurun
Automotive,  Tips

Hindari Melakukan Ini Saat Melewati Jalan Turunan

Dibandingkan dengan jalanan datar, jalanan berbukit tentu memberikan bahaya yang semakin besar. Itulah sebabnya, memastikan kondisi mobil baik sebelum melintasi jalanan seperti ini merupakan hal yang sangat penting. Seperti melakukan penggantian oli mobil dengan oli mesin terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan, memastikan rem berfungsi, dan sebagainya. Semua hal tersebut wajib dilakukan karena berkaitan langsung dengan keselamatan dalam berkendara.

Sayangnya, ada beberapa hal atau kebiasaan yang dilakukan oleh pengemudi saat melintasi jalan turunan dan sebenarnya sangatlah berbahaya, di antaranya:

  • Mematikan mesin

Jalan dengan kondisi menurun tidak membutuhkan gas sehingga bisa dilewati dengan mesin kendaraan yang mati. Setidaknya dapat menghemat bahan bakar selama melewatinya. Hingga saat ini, banyak pengendara yang masih beranggapan seperti itu. Padahal, tahukah Anda bahwa hal tersebut sangatlah berbahaya. Sebab, saat mesin kendaraan mati, akan ada beberapa fungsi kendaraan yang tidak bisa bekerja secara maksimal. Lalu, bagaimana jika tiba-tiba terjadi hal yang tidak diharapkan dan Anda harus mengambil tindakan cepat dengan mengaktifkan salah satu fungsi pada kendaraan? Sementara fungsi tersebut hanya bisa bekerja ketika mesin kendaraan menyala. Sangat berbahaya sekali, kan?

  • Menggunakan gigi netral

Gigi netral hanya boleh digunakan ketika mobil dalam kondisi berhenti, baik parkir maupun tidak. Sayangnya, masih banyak pengendara yang menggunakan gigi ini untuk melewati jalan turunan. Padahal, kebiasaan ini dapat berisiko merusak mesin terutama komponen yang berkaitan dengan gigi.

  • Tidak standby pada rem

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi nanti dalam perjalanan, khususnya ketika melewati jalan turunan yang berbelok. Itulah sebabnya, sangat penting bagi Anda agar terus standby pada komponen rem. Tujuannya, agar Anda bisa segera mengatasinya ketika terjadi hal yang tidak diharapkan.

Cara berkendara yang salah tidak hanya berdampak negatif pada komponen kendaraan Anda saja, tetapi juga pada keselamatan Anda dalam berkendara. Itulah sebabnya, jika Anda masih melakukan ketiga hal di atas, ada baiknya jika segera menghentikannya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *