menyetir
Lifestyle,  Tips,  Travelling

Ingin Melakukan Road Trip di New Zealand? Ini Fakta Mengemudi di Sana!

Jika Anda sudah mengikuti Paket Tour ke New Zealand, mengendarai mobil bukanlah hal yang penting. Sebab semua sarana transportasi yang diperlukan sudah diatur sedemikian rupa oleh travel agent. Namun, jika Anda kebetulan ingin berlibur ke daerah-daerah terpencil di New Zealand dan suka melakukan road trip, maka menyewa kendaraan dan mengemudi sendiri selama berlibur sangat direkomendasikan. Agar tidak kagok saat mengemudi di sana, ketahui dulu fakta mengemudi di New Zealand berikut ini!

  • Kursi pengemudi ada di sebelah kanan

Biasanya hal yang cukup membuat bingung mengemudi di luar negeri adalah posisi kursi pengemudi yang terletak di kiri. Namun, di New Zealand posisi kemudinya sama seperti di Indonesia, yakni di sebelah kanan. Jadi untuk soal posisi kemudi, Anda tidak perlu merasa asing karena akan sama seperti menyetir di Indonesia.

  • Medan jalanan sangat beragam

New Zealand memiliki bentuk geografis yang sangat unik, sehingga kondisi jalanan di sana pun beragam. Anda akan menemukan mulai dari jalanan yang sempit, berkelok, berbukit, dan memiliki sudut yang tajam. Jalanan seperti ini akan lebih sering ditemui ketika Anda mengemudi di luar kota utama – di tempat tersebut tidak tersedia banyak jalan raya. Bagaimana pun kondisi jalannya, pastikan kendaraan Anda tetap dalam kondisi prima dan selalu waspada saat berkendara.

  • Anda akan melalui cuaca yang berbeda-beda

Kemungkinan besar jika Anda pergi dari satu kota ke kota yang lain, cuacanya akan berbeda. Pastikan Anda membawa bekal dan mempersiapkan diri untuk berbagai kondisi cuaca. Bawa makanan dan minuman yang cukup dan jangan lupakan kotak P3K

  • Tidak perlu bayar tol

Berbeda dengan melakukan road trip di Indonesia, di New Zealand Anda tidak perlu sering membayar tol. Bahkan menyetir sejauh 1000 kilometer saja, ada kemungkinan Anda hanya perlu membayar tol sekali. Ya, memang hanya sedikit jalan tol berbayar di sana. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan kartu kredit via online.

  • Terdapat banyak toilet umum dan rest area

Jangan khawatir, meski Anda melakukan road trip lewat kota-kota kecil, fasilitas di sana sangat memadai. Fasilitas publik seperti kafe, toilet umum, dan rest areadapat dengan mudah Anda temukan.

Itulah fakta mengemudi di New Zealand yang perlu Anda ketahui. Semoga membantu! (Rima)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *