ban mobil
Automotive

Ini Alasan Mengapa Permukaan Ban Mobil Cepat Tipis

Ban merupakan bagian terpenting dari kendaraan yang bisa mengurangi gerakan atau goncangan akibat ketidakteraturan permukaan jalan. Tak hanya itu, ban juga berfungsi untuk memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan. Atas alasan itulah, ban harus selalu dirawat agar performa kendaraan tetap prima. Baik itu kendaraan roda dua, mobil, atau bahkan truk tambang, semuanya harus dijaga agar tidak cepat botak.

Nah, agar ban kendaraan tidak cepat tipis, beberapa hal ini sebaiknya Anda hindari, ya:

  1. Malas membersihkan ban. Ban yang jarang dibersihkan ternyata juga berpotensi membuat ban cepat botak. Sebab kotoran yang menempel pada permukaan ban lama kelamaan akan mengeras dan membuat ban cepat retak. Oleh sebab itu, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan ban dan membersihkannya dengan cermat. Hindari menggunakan sabun colek atau deterjen karena bisa mengurangi umur ban.
  2. Tekanan angin yang kurang tepat. Ketika tekanan angin pada ban kurang, maka permukaan ban akan lebih banyak bersentuhan dengan aspal. Hal inilah yang membuat ban menjadi lebih cepat tipis serta bekerja lebih keras dari biasanya. Tak hanya itu, ketika kamu memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, maka ban akan lebih cepat retak.
  3. Kelebihan beban. Nah, untuk kamu yang senang membawa banyak barang hingga melebihi kapasitas mobil, sebaiknya harus sering-sering mengecek permukaan ban, nih. Pasalnya, ban mobillah yang akan bekerja keras untuk menahan semua bobotnya. Semakin berat bobot yang ditanggungnya, maka semakin besar juga tekanan yang harus ditahan oleh ban. Tak heran deh jika ban kendaraanmu akan cepat botak kalau begini caranya!
  4. Kebiasaan mengemudi yang buruk. Setiap orang memiliki kebiasaan mengemudi yang berbeda-beda, namun tak semuanya baik. Nah, beberapa kebiasaan mengemudi yang buruk, seperti mengerem mendadak atau akselarasi yang berlebihan, ternyata bisa membuat permukaan ban cepat tipis. Pasalnya, ban terus menerus mengalami kontak langsung dengan permukaan aspal yang membuatnya cepat botak. Tak ingin hal ini terjadi pada ban milikmu? Nah, mulai ubah gaya menyetir kamu, yuk!
  5. Tidak merotasi ban. Mungkin hal ini terdengar sederhana, namun ternyata berdampak juga pada tingkat kebotakan ban. Lupa atau tidak pernah merotasi ban akan membuat ban botak pada satu sisi saja. Bagi kamu yang belum tahu, ban yang berada di bagian depan kendaraan akan lebih cepat botak dibanding ban yang berada di belakang. Oleh sebab itu, merotasinya akan membuat ban mobil tidak cepat habis di satu bagian saja.

Hal-hal di atas bisa membantu mengurangi kebotakan  pada ban kendaraanmu. Silakan diterapkan dan semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *