fromage frais french
Travelling

Ini Dia Macam-Macam Keju Buatan Prancis

Laman Business Insider menilai Prancis sebagai salah satu negara penghasil keju terbaik di dunia. Terang saja, pasalnya jenis keju yang dihasilkan oleh produsen-produsen lokal negara ini sangatlah asli dan punya cita rasa yang menarik. Nah, apa saja, ya, jenis-jenis keju buatan Prancis? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini, yuk!

  1. Fromages frais. Mengutip situs Explore France, jenis keju satu ini terbuat dari susu domba, kambing, ataupun sapi yang mengental. Fromage frais adalah jenis keju putih yang tidak punya kulit luaran. Keju ini bisa dimakan dengan campuran gula, garam, merica, ataupun penyedap lainnya. Contoh: Brocciu.
  2. Goat’s cheese. Goat’s cheese terbuat dari susu kambing. Tekstur jenis keju ini bermacam-macam, tergantung pada seberapa lama susu keju dibiarkan hingga matang. Maka dari itu, ada keju kambing yang segar, lembut, agak keras, bahkan mudah rapuh. Goat’s cheese juga punya beberapa macam pelapis atau kulit luar; ada yang dibaluri dengan abu kayu, ataupun dibumbui dengan rempah-rempah maupun merica. Keju kambing Banon, variasi keju ini, bahkan dibungkus dengan daun. Contoh: Picodons.
  3. Soft cheese. Soft cheese adalah jenis keju yang tidak diperas saat dibuat. Keju ini biasanya terbuat dari susu sapi atau kambing, yang tidak dipasteurisasi ataupun dipasteurisasi (disterilkan). Keju lunak ada yang memiliki kulit mekar dengan lapisan jamur tipis, sebagian lagi memiliki kulit bersih yang “tercuci” dan dilapisi dengan morge (garam yang banyak untuk membentuk lapisan kulit). Keju dengan lapisan morge akan punya warna jingga akibat proses pencucian garam berulang kali. Contoh: Epoisses.
  4. Veined cheese. Veined cheese adalah jenis keju yang serupa dengan keju lunak, namun ditaburkan dengan spora penicillium untuk mendorong pertumbuhan jamur. Setelah jamur bertumbuh, keju dibersihkan dari jamur lalu ditusuk dengan jarum panjang sebelum disimpan dalam ruang pengering. Penggunaan jarum pada jenis keju ini bertujuan untuk memberikan sirkulasi udara agar residu jamur bertumbuh dengan baik di bagian luar keju. Contoh: Bleu de Gex.
  5. Pressed cheese. Pressed cheese adalah jenis keju yang dikeringkan sepenuhnya setelah proses pencetakan. Beberapa variasi keju ini tidak dimasak dan dibuat dari susu kental (yang ditambah dengan rennet dingin) untuk mempertahankan kelembapan pembekuan susu, yang bisa memakan waktu berbulan-bulan. Meski begitu, ada juga keju peras yang pembuatannya dimasak, yakni campuran susu kental dan rennet yang sudah dipanaskan terlebih dahulu sebelum dibiarkan selama beberapa bulan. Contoh: Emmental.
  6. Spreadable cheese. Keju oles merupakan jenis keju yang dibuat dengan cara melelehkan satu atau lebih macam keju yang kulitnya sudah dibuang. Lelehan keju ini kemudian dicampur dengan mentega, susu, krim, ataupun dibumbui dengan rempah-rempah.

Itu dia 6 macam keju yang dibuat di Prancis. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu keju di atas ketika berkunjung ke Prancis nanti? (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *