bau terbakar dari ac
Technology

Ini Dia Penyebab Bau Terbakar pada AC

Salah satu kekhawatiran yang dimiliki penghuni rumah adalah korsleting listrik. Sebab, kondisi ini bukan hanya membahayakan penghuni rumah, melainkan juga bisa merugikan tetangga di kiri dan kanan rumah. Maka dari itu, pemasangan AC PK besar atau benda elektronik apa pun perlu kehati-hatian. Jika suatu hari AC Anda menguarkan bau terbakar (gosong) walau sudah dipasang dengan benar, janganlah panik. Pasalnya, bau terbakar ini umumnya berasal dari tiga hal berikut:

  1. Debu terbakar. Satu kondisi yang paling sering menimbulkan bau terbakar pada AC adalah ketika Anda menyalakannya kembali setelah tidak digunakan selama berminggu atau bahkan berbulan-bulan. Bila bau itu terjadi saat sikon seperti ini, tak perlu khawatir. Sebab, bau tersebut berasal dari tumpukan debu di dalam AC yang terbakar dalam sistem HVAC saat pendingin udara bekerja. Meski begitu, jika bau terbakar tidak hilang hingga 15 menit kemudian, sebaiknya Anda memanggil layanan servis AC, ya.
  2. Filter udara tersumbat. Kapan kali terakhir Anda mengganti filter udara AC Anda? Jika sudah terlalu lama, ada kemungkinan bau terbakar itu berasal dari kotoran berlebihan yang menumpuk di area filter udara. Sehingga ketika AC dioperasikan, aliran udara tersumbat kemudian mengenai kipas dan motor AC. Walhasil, kedua komponen tersebut overheat (panas berlebih) dan mengeluarkan bau terbakar. Tips: segera periksa filter udara untuk mengecek apakah ada penyumbatan atau tidak. Jika ya, segera ganti filter udara, ya.
  3. Kapasitor rusak. Setiap sistem HVAC pasti punya kapasitor yang berfungsi sebagai penggerak motor pendingin udara. Ketika kapasitor rusak, mesin AC kemungkinan menjadi terlalu panas hingga menghasilkan bau terbakar. Menurut situs All Time Air Conditioning, ada beberapa penyebab rusaknya kapasitor, bisa karena aus, lonjakan arus listrik, atau sirkuit (rangkaian arus listrik) yang terlalu panas. Jika bau terbakar pada AC Anda berasal dari sini, sebaiknya Anda langsung memanggil layanan servis AC dan membiarkan mereka yang membetulkannya, ya.

Itulah dia tiga penyebab bau terbakar pada AC. Selain ketiga hal di atas, bau terbakar pada AC juga mungkin diakibatkan oleh motor ataupun motor penggerak sabuk yang terlampau panas, juga komponen listrik yang terbakar. Langkah pertama untuk mengatasi masalah ini adalah tidak panil dan lekas matikan sakelar listrik. Setelah itu, panggilah petugas layanan servis AC untuk memeriksa pendingin udara Anda. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *