Property

Ini Hal yang Sering Dikeluhkan Pembeli Apartemen

Yuvita Puspitasari / April 4, 2018
apartemen

Meskipun sudah memiliki rumah, cukup banyak juga orang yang bekerja d Jakarta memilih untuk tinggal di available apartment in Jakarta, khususnya pada hari kerja. Apalagi untuk orang yang memiliki rumah cukup jauh dari Jakarta, tinggal di apartemen merupakan salah satu cara cerdas agar tetap cukup beristirahat di tengah padatnya aktivitas. Sebab, dengan tinggal di apartemen akan dapat mempersingkat waktu perjalanan ke dan dari kantor. Itulah alasannya, ada baiknya jika saat memilih apartemen, carilah yang berlokasi dekat dengan kantor.

apartemen
Source: equityapartments

Meskipun begitu, bukan berarti tinggal di apartemen hanya memberikan keuntungan untuk Anda tanpa adanya masalah. Sebab, ternyata ada beberapa masalah yang sering di alami oleh pemilik apartemen, seperti beberapa hal berikut ini:

  • Transparansi biaya

Sebenarnya, tinggal di rumah maupun apartemen akan tetap ada biaya bulanan yang dibebankan. Untuk rumah, biasanya biaya bulanannya adalah untuk keamanan dan kebersihan. Sementara untuk biaya bulanan di apartemen, cenderung lebih rumit dan lebih mahal. Permasalahannya adalah, cukup banyak pengembang yang tidak transparan menginformasikan kegunaan dari biaya yang dibebankan dan hanya menarik uang dalam jumlah besar pada tenant.

  • Listrik

Listrik menjadi salah satu sumber permasalahan antara tenant dan pengelola. Tidak main-main, masalah ini bahkan seringkali hingga di bawa ke meja hijau. Berbeda dengan rumah yang harus Anda bayarkan sendiri biaya listriknya, pada aopartemen semua biaya ini akan dikelola oleh manajemen apartemen. Hanyaa saja, seringkali manajemen atau pengelola apartemen menaikkan tarif hingga sekian kali lipat dari tarif yang wajar. Tidak hanya itu saja, pengelola apartemen juga tidak akan segan-segan menuntut siapapun yang menggunakan listrik yang bukan haknya, meskipun hanya sekadar mengecas baterai ponselnya.

  • Hak dan kewajiban

Hak dan kewajiban yang dimaksud adalah secara keseluruhan. Seringkali, tenant dan pengelola berseteru terkait hak dan kewajiban masing-masing pihak, khususnya jika hal tersebut tidak tertuang dalam surat kontrak. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk benar-benar memerhatikan hak dan kewajiban Anda maupun pengelola untuk menghindari masalah ini dikemudian hari.

  • Kesesuaian bangunan atau unit

Ini biasanya terjadi pada Anda yang membeli apartemen sebelum bangunannya tersebut selesai di bangun. Masalah ini muncul biasanya karena ketidaksesuaian ukuran unit apartemen antara fisik dengan yang dijanjikan. Tidak hanya itu saja, model dari bangunan apartemen itu sendiri juga terkadang berbeda.

Meskipun dari penjelasan di atas, terdengar sedikit mengkhawatirkan untuk tinggal di apartemen, bukan berarti Anda akan selalu mengalaminya saat tinggal di sana. Untuk menghindari semua permasalahan tersebut, Anda harus benar-benar mencari pengelola yang sudah profesional dan memiliki nama baik. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *