hawaii snorkel
Travelling

Inilah Sederet Fakta Menarik Mengenai Hawaii

Hawaii, semua orang pasti mengenali negara yang satu ini. Ya, Hawaii yang merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Amerika Serikat bagian selatan ini memiliki sejuta pesona yang menakjubkan. Mulai dari wisata pantainya yang eksotis hingga wisata pegunungannya yang amat memesona. Tidak heran bila banyak orang yang sudah memiliki asuransi liburan luar negeri akan memilih Hawaii sebagai destinasi wisata untuk musim liburan.

Hawaii juga menempati sebagian besar kepulauan di Samudra Pasifik tengah sehingga sering dianggap sebagai surga dunia di Samudra Pasifik. Dibalik banyaknya pesona alam yang dimilikinya, Hawaii ternyata menyimpan berbagai fakta unik yang sayang jika dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  1. Negara bagian terluas kedua di Amerika Serikat

Kepulauan di Samudra Pasifik yang memiliki ibu kota di Honolulu ini bergabung menjadi negara bagian Amerika Serikat pada tanggal 21 Agustus 1959 dan merupakan negara bagian termuda di Amerika Serikat. Dengan luasnya yang mencapai 1.523 mil dari Pulau Ni’hau ke Big Island, Hawaii menempati posisi kedua sebagai negara bagian terluas di Amerika Serikat setelah Alaska.

  1. Terdiri dari 132 pulau dan merupakan satu-satunya negara bagian yang terdiri dari pulau

Hawaii merupakan satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang dikelilingi oleh lautan dan seluruh wilayahnya terdiri dari pulau. Negara bagian ini terdiri dari 132 pulau, mulai dari pulau yang memiliki penduduk hingga pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni, terumbu dan juga beting. Pulau terbesar di Hawaii adalah Big Island atau yang juga biasa disebut dengan Pulau Hawaii. Pulau ini diberi nama Big Island untuk menghindari kebingungan dengan negara dan kepulauan.

  1. Setiap tahunnya tumbuh lebih dari 42 hektar

Fakta unik yang satu ini cukup jarang diketahui oleh banyak orang. Setiap tahun, luas pulau Hawaii akan meningkat melebihi 42 hektar. Hal ini diakibatkan oleh aktivitas Gunung Berapi Kilauea yang meletus secara terus menerus sejak tahun 1983 dan mulai berhenti sejak lava aktif terakhir kalinya pada bulan September 2018 silam.

  1. Melarang menggunakan plastik

Hawaii merupakan negara bagian pertama di Amerika Serikat yang melarang penggunaan kantong plastik di semua restoran cepat saji dan layanan lengkap. Hal ini dilakukan untuk mengurangi limbah yang dapat mencemari laut.

  1. Sering dijadikan lokasi syuting film Hollywood

Karena alamnya yang sangat indah dan juga menakjubkan, tidak hanya dikunjungi sebagai tempat wisata, Hawaii juga sering dijadikan tempat untuk lokasi syuting berbagai film. Film Hollywood yang menggunakan setting di Hawaii ini cukup banyak, di antaranya adalah Godzilla, Jurassic World: Fallen Kingdom, 50 First Date, Tropic Thunder and You, Me and Dupree, dan masih banyak lagi.

  1. Menolak tawaran menggunakan bunga lei dianggap tidak sopan

Lei merupakan karangan bunga khas Hawaii yang biasanya diberikan pada seseorang karena berbagai alasan, contohnya seperti untuk menyambut tamu, perdamaian, cinta dan juga persahabatan. Maka dari itu, jika Anda menolak pemberian karangan bunga lei ketika seseorang menawarkannya, hal ini dianggap sangat amat tidak sopan karena bungai lei tersebut merupakan tradisi yang dianggap sangat serius.

Nah, demikianlah sederet fakta unik mengenai Hawaii. Sudahkah Anda tertarik untuk mendapatkan pengalaman baru di tempat ini? Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *