direct vs non stop flight
Travelling

Istilah-Istilah dalam Sebuah Penerbangan

Istilah-istilah dalam dunia penerbangan memang menggunakan bahasa internasional, yakni bahasa Inggris. Tujuannya supaya memudahkan komunikasi serta melacak data yang terekam dalam sistem. Nah, berikut adalah beberapa istilah-istilah umum yang mungkin akan kamu dengar ketika hendak bepergian dengan pesawat.

  1. Class (atau class of service)

Kelas layanan merujuk pada lokasi kursi penumpang dalam pesawat serta layanan yang akan didapat ketika berada dalam sebuah penerbangan. Penentuan kelas layanan seorang penumpang bergantung pada jenis tiket (fare basis) yang ia beli. Secara umum, kelas kabin terbagi dalam 3 hingga 4 kelas: first class, business, economy, serta kadang kala ada juga premium economy. Tiap kelas kabin biasanya punya subkelas layanan, namun lazimnya first class berkode F, business berkode J, premium economy berkode W, dan economy berkode Y.

  1. Layover dan stopover

Secara sederhana, kedua istilah ini berarti transit atau persinggahan. Layover dan stopover cukup sering dipakai secara bergantian oleh segelintir orang. Padahal, kedua istilah ini merujuk pada aktivitas yang bisa memberikan dampak berbeda. Layover umum ditemukan pada penerbangan domestik ataupun internasional dengan jarak pendek. Sebab, layover adalah sebuah persinggahan satu penerbangan yang memakan waktu 30 menit (dan 23 jam 59 menit pada penerbangan internasional). Sebagai contoh, kamu akan terbang ke Seoul dan singgah selama 3 jam di Bangkok.

Sementara itu, stopover adalah sebuah persinggahan satu penerbangan (umumnya internasional) dengan jarak panjang. Umumnya, stopover berlangsung di atas 4 jam hingga lewat satu hari. Sebagai contoh, kamu akan terbang ke London dan singgah di Dubai selama 14 jam. Penerbangan stopover seringnya membuat penumpang harus ganti armada pesawat. Jadinya, pesawat yang membawa kamu ke Dubai dari Jakarta, serta pesawat dari Dubai menuju London tidak akan sama, ya.

  1. Code-share flight

Penerbangan berbagi kode merujuk pada sebuah penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai lain dari tiket yang kamu beli. Penerbangan jenis ini umum terjadi antara dua atau lebih maskapai dari sebuah aliansi penerbangan yang sama, untuk sebuah penerbangan internasional. Sebagai contoh, kamu membeli tiket Singapore Airlines (SQ) untuk penerbangan ke Los Angeles, namun ketika hendak boarding atau menuju ke pesawat, kamu lihat ternyata armada yang akan membawa kamu adalah pesawat milik All Nippon Airways (ANA). Artinya, kamu sudah membeli tiket code-share antara SQ dan ANA, di mana SQ berlaku sebagai pemasar dan ANA sebagai operator.

Nah, itu dia 3 istilah yang mungkin akan kamu dengar ketika akan melakukan penerbangan. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! (AP)

Sumber gambar: di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *