Health and Beauty

Jangan Abaikan Flu Jika Tidak Ingin Terkena Komplikasi Ini

Banyak orang yang tidak segera memanfaatkan Asuransi Kesehatan Terbaik miliknya untuk berobat ke dokter ketika mulai merasakan gejala pilek. Hal ini bukanlah masalah selama penyakit yang diderita adanya pilek biasa yang bisa sembuh tanpa bantuan obat sekalipun. Namun, jika seandainya kamu mulai merasakan gejala penyakit tersebut semakin parah dan justru mulai mengarah ke flu, maka akan lebih baik jika segera berobat ke dokter. Apalagi, jika penyakitmu ini sudah lebih dari 3 hari.influenza

Mengapa demikian? Sebab, jika penyakitmu sudah lebih dari 3 hari dan gejala yang dirasakan justru semakin parah, artinya kamu membutuhkan obat antivirus untuk melawan virus yang menginfeksimu. Jika hal ini terus dibiarkan tanpa penanganan, maka akan berisiko menimbulkan berbagai komplikasi seperti yang tertulis dalam situs alodokter dan klikdokter:

  • Infeksi telinga akut

Flu berkepanjangan akan menyebabkan gendang telinga mengalami peradangan akibat infeksi virus. Selain itu, pada saat flu, maka produksi lendir pada saluran napas akan meningkat dan menyebabkan sumbatan pada saluran tuba eustachius, yaitu saluran yang berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah agar sama dengan tekanan udara luar. Ketika terjadi penumpukan lendir, akan membuat telinga berdengung dan timbul rasa nyeri.

  • Memperparah asma (penderita asma)

Pada penderita asma, kondisi flu yang dialami biasanya akan lebih parah daripada yang dirasakan oleh orang tanpa riwayat penyakit ini.

  • Radang rongga sinus atau sinusitis

Sinusitis umumnya terjadi akibat pembengkakan pada dinding dalam hidung. Hal ini bisa terjadi akibat beberapa hal, namun infeksi virus sekunder dari virus flu merupakan salah satu penyebab paaling sering. Hal ini menyebabkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi.

  • Infeksi paru-paru

Biasanya, infeksi paru-paru yang terjadi akibat flu berkepanjangan adalah bronkitis, yaitu infeksi yang terjadi pada bagian saluran pernapasan utama yang disebut bronkus. Namun, ada juga yang mengalami infeksi paru-paru lebih parah, seperti pneumonia.

  • Peningkatan kadar gula (penderita diabetes)

Bagi penderita diabetes, flu harus segera diatasi secepatnya karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Bahkan memicu terjadinya kondisi diabetik ketoasidosis pada penderita diabetes tipe 1, yaitu komplikasi diabetes mematikan akibat dari tingginya produksi asam darah tubuh atau keton.

  • Persalinan prematur (ibu hamil)

Flu berkepanjangan pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami persalinan prematur. Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga bisa membuat berat badan bayi lahir dengan sangat rendah.

Cukup mengerikan bukan komplikasi dari flu ini? Jadi, segera periksakan diri ke dokter jika merasa penyakit ini tidak juga membaik tanpa obat dokter. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *