Parenting, Travelling

Jangan Lalai, Ini yang Harus Dilakukan Saat Anak Bermain di Pantai

Biasa mengajak anak ke wahana waterboom di jakarta? Sekali-sekali, ajaklah anak pergi ke pantai untuk mencari suasana baru. Jika di waterpark anak bisa bermain wahana yang seru, di pantai anak lebih bisa dekat dan belajar lebih banyak tentang alam. Karena itu, tak ada salahnya untuk mengajak anak bermain air di pantai sesekali. Namun demikian, risiko di pantai juga cukup tinggi. Mulai dari ombak yang bisa menghanyutkan, hingga bebatuan karang yang bisa menggores kulit si kecil. Oleh karena itu, tetaplah waspada dan lakukan tips di bawah ini untuk menjaga anak bermain di pantai.pantai

  • Periksa kebersihan air laut

Sebelum membiarkan anak bermain air di pantai, sebaiknya cek dulu kondisi air laut. Jika ternyata di pinggir laut terdapat banyak sampah yang mengotori laut, maka jangan biarkan anak Anda untuk bermain air. Sebab, air laut bisa saja sudah terkontaminasi oleh zat-zat yang dapat memengaruhi kondisi kulit dan kesehatan anak.

  • Pastikan kondisi air tenang dan tidak terlalu dalam

Akibat ombak yang terlalu besar, ada beberapa kasus yang telah memakan korban. Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada buah hati Anda. Oleh karena itu, pastikan kondisi pantai aman dan ramah untuk anak-anak. Jika laut terlalu dalam, selalu dampingi anak dan pakaikan pelampung. Ketika ombak dirasa terlalu besar, sebaiknya jangan biarkan anak Anda berenang.

  • Lindungi anak dengan perlengkapan lengkap

Sebenarnya akan lebih baik jika Anda sudah mengajarkan cara berenang pada anak sebelum mengajaknya ke pantai. Jika tidak, pastikan anak Anda disertai dengan perlengkapan renang seperti pelampung atau pun kacamata renang.

  • Gunakan sunblock

Sebelum berenang, penting hukumnya untuk memakaikan sunblock pada anak. Hal ini bukan sekedar mencegah kulit belang tapi juga melindungi kulit anak dari efek samping sinar UV dan menjaganya agar tetap sehat.

  • Mandi yang bersih setelah berenang

Setelah berenang, segeralah bersihkan tubuh anak dengan teliti dan bersih. Pastikan tidak ada pasir dan bakteri yang menempel di rambut maupun tubuhnya.

Meski demikian, Anda pun juga boleh bersenang-senang saat berlibur ke pantai. Namun saat anak berenang di pantai, Anda harus tetap mengawasinya dan jangan sampai lengah, ya. Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *