asap knalpot
Automotive

Kenali Penyebab Asap Hitam yang Keluar dari Knalpot

Tidak hanya oli sepeda motor saja yang perlu diperhatikan secara rutin, namun banyak aspek pada kendaraan roda dua ini yang butuh perhatian khusus dari pemiliknya. Jangan sampai munculnya tanda-tanda kerusakan baru Anda pertimbangkan untuk dibawa ke bengkel. Justru dengan menunggu terjadinya kerusakan, biaya yang Anda keluarkan akan lebih banyak dibanding merawatnya secara rutin. Salah satu komponen penting pada motor adalah knalpot yang mengeluarkan emisi. Permasalahan yang sering terjadi pada komponen yang satu ini adalah pengeluaran emisi yang berwarna hitam. Asap hitam yang dihasilkan, bisa membahayakan lingkungan serta kesehatan Anda. Pada motor yang mengeluarkan asap hitam, terkandung gas sulfur yang tentunya lebih berbahaya jika dibandingkan gas CO. Nah, biasanya hal ini terjadi oleh beberapa faktor. Berikut adalah faktor-faktor penyebab asap knalpot menjadi warna hitam.

 

  1. Karburator

Pada karburator, terdapat dua sekrup yang fungsinya mengatur kecepatan idle dan mengatur jumlah bensin yang disuplai. Ketika setelan jumlah bensin berlebihan, akibatnya campuran menjadi lebih kaya. Disinilah asap hitam bisa terbentuk. Untuk mengatasinya Anda dapat mengencangkan sekrup penyetel suplai bensin.

 

  1. Busi kotor

Secara umum sistem pengapian meliputi coil, CDI unit, dan busi. Namun busi berperan lebih ekstrem daripada yang lain, karena komponen ini langsung berhubungan dengan kompresi mesin dan suhu pembakaran mesin. Sehingga busi menjadi rawan kotor. Jika ujung busi berkerak, atau kotor maka akan menghambat pengapian mesin. Api yang tadinya besar bisa lebih kecil yang berakibat pada pembakaran kurang sempurna. Untuk mengatasinya, Anda dapat membersihkan ataupun membeli busi yang baru untuk menggantikannya.

 

  1. Filter udara yang kotor

Filter berperan sangat penting pada kendaraan, jika kotor akan berpotensi menghambat proses pembakaran mesin. Jika filter sangat kotor maka bisa saja jebol. Jika sudah demikian kotoran yang terbawa dari filter akan mengotori dan menjadi kerak pada ruang bakal sehingga dapat menghambat pembakaran mesin. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu membersihkannya secara rutin ataupun mengganti yang baru jika kondisi filter sudah sangat parah.

 

Itu dia 3 hal yang sering menjadi penyebab keluarnya asap knalpot yang berwarna hitam dan membahayakan lingkungan. Semoga bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *