jerawat
Health and Beauty

Kenapa ya Tiba-Tiba Muncul Banyak Jerawat di Wajah?

Memiliki kulit yang halus dan lembut tanpa jerawat merupakan keinginan setiap orang, baik perempuan maupun laki-laki. Bahkan banyak orang yang rela menghabiskan banyak waktu maupun biaya untuk perawatan di klinik kecantikan terbaik di Indonesia demi mewujudkan keinginan tersebut. Sayangnya, terkadang hal yang tidak diduga tiba-tiba terjadi dan menghancurkan impian tersebut. Salah satunya yaitu munculnya jerawat dalam jumlah yang cukup banyak.

Bagi Anda yang memang memiliki kulit jenis berminyak dan cukup sering mengalami masalah ini, mungkin tidak begitu panik. Namun, bagi Anda yang sangat jarang atau bahkan belum pernah mengalami masalah jerawat, pastinya merasa kaget dan bingung mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Tidak perlu panik, karena artikel ini akan membahas beberapa penyebab jerawat bisa tiba-tiba muncul, di antaranya:

  • Kosmetik

Untuk Anda yang hobi mencoba kosmetik baru, munculnya jerawat secara tiba-tiba bukan hal yang aneh. Sebab, bisa saja salah satu kosmetik yang Anda gunakan adalah penyebabnya. Cobalah Anda mengingat kembali kosmetik baru apa saja yang belum lama ini Anda coba. Segera hentikan pemakaiannya dan lihat efeknya pada kulit Anda. Jika jerawat secara perlahan mulai menghilang, berarti Anda memang tidak cocok menggunakannya. Namun, jika jerawat tidak juga membaik, bisa jadi hal lain adalah penyebabnya.

  • Bantal

Berapa lama sekali Anda mencuci sarung bantal di sofa atau tempat tidur Anda? Jika Anda merasa sudah lama tidak mencucinya karena tidak punya waktu atau karena alasan lainnya, maka tidak ada salahnya jika Anda menggantinya dulu dengan yang baru dan mencuucinya saat sempat. Sebab, sarung bantal yang sudah lama tidak diganti bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah Anda.

  • Ponsel

Suka menelepon dalam jangka waktu yang cukup lama? Ada baiknya jika Anda menggunakan earphone dibandingkan menempelkan ponsel Anda langsung ke telinga. Sebab, sisi layar ponsel yang bersentuhan langsung dengan bagi pipi Anda akan menyebabkan munculnya jerawat pada bagian tersebut. Ingat kan ponsel merupakan salah satu benda yang mengandung banyak sekali kuman?

  • Makanan

Kuliner, hmm… siapa yang tidak menyukainya! Sayangnya, beberapa jenis makanan juga bisa menyebabkan wajah Anda menjadi berjerawat, loh! Jadi, ada baiknya jika Anda lebih waspada saat memilih makanan ketika sedang berwisata kuliner bersama keluarga dan saudara!

Mengetahui penyebab munculnya jerawat tiba-tiba sangat penting karena bisa mencegah masalah ini kembali muncul. Percuma saja kan jika Anda sudah menghabiskan banyak biaya untuk mengatasi jerawat, tapi akhirnya kembali muncul karena Anda tidak menghindari penyebabnya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *