mobil terbakar
Automotive,  Insurance

Ketahui Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Mencegahnya

Mobil terbakar tiba-tiba: terdengar sangat mengerikan bukan? Memang, asuransi kendaraan bermotor bisa menanggung biaya perbaikan mobil saat hal tersebut terjadi, tetapi hal tersebut tetap saja mengerikan. Sebab, Anda tidak tahu seberapa parah kerusakan yang terjadi akibat kebakaran tersebut. Belum lagi jika kejadian tersebut sampai menimbulkan korban.

Nah, agar Anda tidak mengalaminya, yuk cari tahu apa saja penyebabnya sehingga bisa coba mencegah terjadinya hal tersebut.

  1. Adanya kebocoran

Mungkin Anda berpikir hanya kebocoran bahan bakar saja yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Padahal ada satu lagi cairan yang bisa menjadi penyebab kebakaran mobil yaitu oli, baik oli mesin, oli transmisi, ataupun oli power steering. Risiko kebakaran akan terjadi ketika cairan yang bocor tersebut, terutama bahan bakar, berada dalam suhu sekitar 7,2 derajat celcius.

  1. Konslet

Tidak hanya rumah, listrik pada mobil yang mengalami konslet juga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Konslet yang terjadi ini biasanya disebabkan adanya masalah pada sistem kelistrikan mobil. Misalnya akibat dari komponen aki yang bermasalah, adanya kabel yang mengelupas, atau kabel yang bermasalah.

  1. Overheat

Overheat adalah kondisi di mana temperatur mobil berada dalam tingkat di atas normal. Biasanya disebabkan adanya kerusakan pada sistem pendinginan mobil karena masalah pada komponen pendukungnya, seperti radiator dan kipas pada mesin. Misalnya saat terjadi kebocoran pada radiator atau kipas mesin yang mati.

  1. Modifikasi

Banyak pemilik kendaraan yang suka memodifikasi bagian mesin agar memiliki tenaga yang lebih dari normal. Sebenarnya hal ini tidak masalah selama modifikasi dilakukan oleh seorang profesional dengan cara yang tepat. Namun, seringkali modifikasi ini dilakukan secara sembarangan, terutama pada bagian kabel. Akibatnya, kabel mengalami masalah dan berisiko terjadinya konsleting.

Dari keempat penyebab di atas, kebakaran riba-tiba pada mobil sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan perawatan secara rutin pada setiap komponen. Dengan begitu, Anda bisa segera mengetahui jika ada bagian mobil yang bermasalah sehingga bisa segera memperbaiki atau mengganti komponen tersebut. Namun, selain melakukan perawatan ada juga yang harus Anda lakukan untuk mencegah mobil terbakar, yaitu lebih aware dengan perubahan kondisi mobil. Sebab, mobil yang mengalami masalah biasanya akan menunjukkan beberapa gejala terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *