Keunggulan dan Tips Memilih Tiket Kereta Api
Tips

Keunggulan dan Tips Memilih Tiket Kereta Api

Tiket kereta api biasa di pesan untuk berbagai kebutuhan akomodasi perorangan atau  kelompok untuk mengunjungi suatu tempat berdasarkan keperluan tertentu. Kereta api merupakan salah satu jenis transportasi dengan keunggulan yang sangat banyak, di antaranya adalah hemat lahan,energi,  rendah polusi, serta adaptif dengan perubahan teknologi.

Keunggulan dan Tips Memilih Tiket Kereta Api

Di era globalisasi saat ini mobilitas penduduk semakin tinggi dan menjadi faktor yang sangat penting.  Pemerintah Indonesia pun berusaha memaksimalkan pelayanan transportasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan mobilitas sosial, salah satunya dengan menyediakan alat transportasi berupa kereta.

Keunggulan Transportasi Kereta Api

Mobilitas atau perjalanan yang dilakukan oleh perorangan maupun kelompok harus memikirkan banyak hal, salah satunya adalah alat transportasi. Kemudahan yang diberikan oleh transportasi jenis kereta sangat beragam, berikut keunggulan yang ditawarkan jika Anda memilih transportasi Kereta Api.

1. Kenyamanan yang diberikan

Dalam perjalanan menuju suatu tempat,  kenyamanan adalah hal yang diutamakan demi saat perjalanan. Dengan naik kereta api Anda bisa memiliki ruang yang lebih leluasa, dapat juga memilih pilihan ruangan ber AC serta pelayanan makanan secara pribadi

2. Harga tiket kereta api yang terjangkau

Jika dibandingkan dengan alat transportasi lainnya, menggunakan kereta api tidak akan membuat kantong Anda bolong atau singkatnya kehilangan banyak uang. Harga tiket kereta api ditawarkan dengan harga yang bisa dijangkau oleh semua kalangan.

3. Penyediaan bagasi yang lebih luas

Ketika melakukan perjalanan, terlebih itu adalah liburan, maka membawa oleh-oleh adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan. Terkadang saat kita ingin membawanya alat angkut memberikan batasan terhadap barang bawaan. Berbeda  dengan kereta api, bagasinya sangat luas dan bisa Anda gunakan untuk menyimpan berbagai barang bawaan, termasuk oleh-oleh.

4. Check-in lebih mudah

Jika dibandingkan dengan pesawat, maka pada proses check-in kereta api lah yang memiliki kemudahan. Tidak perlu menunggu waktu lama, atau pemeriksaan secara ketat, Anda kemudian bisa langsung masuk ke gerbong kereta.

5. Melihat berbagai pemandangan

Pemandangan yang dilewati melalui perjalanan kereta ini sangat beragam. Salah satunya adalah hamparan luas pegunungan, persawahan dan padang rumput. Selama perjalanan Anda tidak akan henti-hentinya melihat keindahan tersebut.

Cara Memesan Tiket Kereta Api

Cara Memesan Tiket Kereta Api

Bagi Anda yang memutuskan untuk bepergian menggunakan kereta api dengan jarak tempuh yang jauh, maka perlu melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan tempat duduk yang sesuai dengan rute perjalanan yang telah dijadwalkan. Untuk pemesanan tiket kereta api dapat Anda lakukan secara Online maupun offline. Jika menggunakan cara manual atau offline Anda perlu mengunjungi kantor utama pelayanan jasa kereta api dan melakukan pembayaran.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan cara Online Anda bisa memesannya melalui berbagai situs Online ataupun aplikasi khusus penyedia layanan jasa kereta api.  Cara ini menjadi cara yang paling pas dan praktis, karena cukup dengan mengklik beberapa laman di Handphone saja Anda sudah bisa memesan tiket yang Anda pilih sebagai destinasi.

Memesan Tiket Kereta Api secara Online

Saat Anda melakukan pemesanan melalui website atau aplikasi maka, beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman Web penyedia jasa tiket kereta api atau buka aplikasi pembelian tiket kereta.
  2. Tuliskan tujuan Anda pada kolom pencarian, kemudian akan muncul berbagai pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan tanggal dan waktu kepergian.
  3. Pilih jadwal keberangkatan dan harga tiket
  4. Klik oke
  5. Lakukan pembayaran dengan cara mentransfernya

Kemauan alat transportasi tidak dipungkiri sangat dinanti oleh setiap pemakainya. Inovasi yang terjadi pada kendaraan kereta api tidak lepas dari upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayannya. Peningkatan layanan ini terdiri atas pelayanan tiket kereta api, fasilitas yang diberikan, da komponen pendukung lainnya. Kereta api uga memiliki prioritas perlindungan kepada setiap pelanggannya yakni dengan memberikan asuransi pada saat perjalanan berlangsung. Hal  ini patut untuk diapresiasi karena alat transportasi kereta api ini memiliki pelayanan yang cukup bagus.

Daftar Penyedia Layanan Tiket Kereta Api

Bersamaan dengan permintaan terhadap tiket kereta api yang meningkat, maka kemudian disediakan pilihan pemesanan secara Online melalui berbagai website dan aplikasi, di antaranya:

  1. Situs resmi PT. KAI
    Melalui situs resmi PT. KAI Anda bisa melihat jadwal keberangkatan beserta tiket yang tersedia. Cukup dengan mengunjungi website nya Anda sudah bisa melakukan pemesanan tiket
  2. Situs dan Aplikasi Mobile Mister Aladin
    Aplikasi ini terdapat pada perangkat Android. Situs ini menyediakan berbagai pilihan perjalanan semua alat transportasi tak terkecuali kereta api. Dengan menggunakan aplikasi ini memesan tiket akan menjadi lebih mudah, praktis serta efektif.
  3. Tiket KAI Mobile
    Aplikasi digunakan secara online, selain memilih tiket, Anda juga bisa memilih tempat duduk yang Anda inginkan. Kelas yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari kelas menengah sampai dengan kelas atas.

    Aplikasi ini memberikan berbagai kemudahan diantaranya:

    • Bisa memilih tempat duduk
    • Book keberangkatan 3 bulan sebelumnya
    • Metode pembayaran : transfer, atau credit card
    • Jaminan terhadap transaksi
    • Terdapat banyak pilihan kelas perjalanan, mulai dari ekonomi, bisnis dan eksekutif
    • Terhubung hampir ke seluruh stasiun di Indonesia

Tips Memilih Tiket Kereta Api

Supaya Anda tidak terebak dan atau merasa bingung saat memilih tiket,  berikut tips yang mungkin bisa membantu Anda saat melakukan pemesanan tiket kereta api.

  1. Pastikan terlebih dahulu pada jadwal tikan tujuan Anda (tempat yang akan dikunjungi)
  2. Tentukan tanggal dan waktu kepergian
  3. Tentukan jumlah orang yang akan ikut
  4. Buka aplikasi jual tiket kereta
  5. Lakukan pengecekan terhadap jadwal keberangkatan apakah sesuai atau tidak.
  6. Pilihlah kelas yang akan Anda tinggali
  7. Jika sudah menemukan yang sesuai makan lakukan pemesanan tiket kereta api.
  8. Pemesanan tiket dilakukan dengan cara transfer atau menggunakan kartu uang lainnya.

Perjalanan menggunakan kereta api menjadi hal yang sangat berkesan jika dilakukan bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Pasalnya situasi ini akan menjadikan keluarga hangat satu sama lain sambil melakukan kegiatan bersama. Selain itu, Stress Anda juga akan perlahan hilang karena rileks dalam kendaraan sangat terasa. Naik kereta api menjadi sangat direkomendasikan apalagi untuk keperluan berlibur. Demikian pembahasan tiket kereta api ini untuk Anda, sebagai referensi yang paling utama bagi masalah mobilitas sosial. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *