person working on laptop
Tips

Kiat Memilih Platform Asesmen Online yang Terbaik

Platform asesmen online adalah salah satu produk dunia digital yang diciptakan untuk memberi kemudahan pada lingkup human resource department atau HRD. Mempersingkat waktu, memangkas pengeluaraan, memberikan penilaian yang objektif terhadap lamaran setiap kandidat adalah sejumlah keuntungan dari temuan ini. Smart Platform Asesmen Online bahkan memberikan penggunanya (HRD perusahaan) manfaat lain, seperti fitur untuk pengembangan dan promosi karyawan perusahaan.

Lantas, apa saja pertimbangan yang perlu dipikirkan oleh tim HR perusahaan sebelum memilih sebuah produk platform asesmen online? Simak uraiannya dalam paragraf berikut!

  • Berbasis cloud atau penyimpanan daring. Cloud atau penyimpanan daring adalah fitur pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat menyeleksi produk platform asesmen online. Pasalnya, penyimpanan daring membuat proses perpindahan data jauh lebih cepat. Sehingga, kemudahan adalah apa yang akan Anda dapatkan. Penyimpanan daring juga membolehkan kandidat melakukan asesmen kapan saja dan di mana saja. Anda hanya perlu memberikan tautan dan menentukan batasan waktu pengerjaan asesmen pada setiap kandidat.
  • Mempunyai pilihan laporan yang komprehensif. Penilaian asesmen online akan otomatis keluar saat kandidat selesai melakukan tes. Tak ada waktu tunggu yang dibutuhkan, sebab sistem asesmen akan langsung mengoreksi hasil jawaban kandidat dan memberikan laporannya kepada Anda selaku pemberi tes. Akan tetapi, instan saja tidaklah cukup. Temukanlah platform yang juga bisa memberikan laporan komprehensif. Dengan demikian, Anda bisa melihat penilaian setiap kandidat dengan rinci; termasuk pada poin-poin kekuatan dan kelemahan masing-masing kandidat.
  • Memiliki jenis tes yang beragam. Seperti tes rekrutmen konvensional, jenis-jenis tes asesmen kerja dalam jaringan juga bisa diberikan sekaligus kepada tiap kandidat sebelum ia bertatap muka dengan tim Anda. Masing-masing tes tentu memiliki intensi khusus, yang berguna untuk menilai tiap aspek kandidat. Nah, carilah platform asesmen dengan ragam jenis tes yang luas. Hal ini akan membantu tim Anda mendapatkan hasil penilaian kandidat yang lebih detail.
  • Memberikan bantuan teknis. Platform asesmen online yang baik sepatutnya memberikan bantuan teknis untuk tim HR yang kemungkinan besar belum familiar dengan software tersebut. Sebaiknya, Anda memilih penyedia platform yang mampu memberikan pelatihan dan arahan sebelum, saat, maupun sesudah tim HR menggunakan software tersebut. Sehingga, ketika ada masalah yang timbul, Anda mempunyai tim teknis yang dapat membantu kelancaran penggunaan platform tersebut.

Itulah dia beberapa tips dalam memilih platform asesmen online yang terbaik. Apakah Anda sudah menemukan kandidatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *