skoliosis
Health and Beauty

Komplikasi Akibat Skoliosis yang Wajib untuk Diwaspadai

Meski skoliosis termasuk penyakit ringan, namun jika tidak ada penanganan yang dilakukan seperti melakukan rehab di scoliosis rehab, misalnya, maka bisa menyebabkan beberapa komplikasi.  Lantas, apa aja sih komplikasi yang muncul akibat skoliosis? Yuk, cek daftarnya!

  1. Masalah pada saraf

Melansir dari Kompas.com, saat tulang belakang membentuk kelengkungan yang tidak normal seperti huruf S dan huruf C, maka kondisi seperti ini dapat memberikan tekanan pada bagian saraf di dekatnya. Di mana, saat saraf tertekan bisa memicu mati rasa dan kesemutan yang meluas ke seluruh area tubuh.

Bahkan, penderitanya juga bisa mengalami sakit punggung parah dan dalam kasus ekstrem bisa mengakibatkan hilangnya kontrol pada bagian kandung kemih atau usus. Serta, pada pria, bisa menyebabkan disfungsi ereksi.

  1. Mengalami sesak napas

Mengutip laman Halodoc, skoliosis yang dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan maupun penangangan lebih lanjut bisa menambah derajat kemiringan pada bagian tulang belakang. Kondisi seperti ini dapat mengganggu kemampuan paru-paru untuk mengembang sempurna karena ruang pada paru-paru menyempit akibat kelengkungan tersebut. Alhasil, timbullah keluhan sesak napas.

Seperti diketahui, sesak napas sendiri masuk dalam kategori penyakit yang perlu diwaspadai karena bisa memicu kerusakan pada organ tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian.

  1. Masalah pada jantung

Selain itu, skoliosis juga bisa memicu masalah pada bagian jantung. Ini terjadi karena tulang belakang yang terlalu miring sehingga menekan jantung dan membuat jantung kesulitan untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Akibatnya, penderita berisiko tinggi mengalami gagal jantung atau bahkan bisa menderita pneumonia (infeksi paru).

Oleh karena itulah, perlu dilakukan penanganan skoliosis sedini mungkin untuk mencegah terjadinya masalah pada jantung dan memicu pneumonia tersebut.

  1. Masalah psikologis

Jika sudah parah, skoliosis bisa menyebabkan perubahan pada beberapa bagian tubuh seperti pinggul dan bahu yang tidak simetris. Biasanya, beberapa dari penderita membutuhkan penyangga punggung yang membuatnya kesulitan untuk melakukan aktivitasnya. Yang mana, kondisi ini mengakibatkan penderitanya mengalami masalah emosional seperti muncul rasa tidak percaya diri atau bahkan terjadi penurunan harga diri.

Itulah dia beberapa komplikasi yang muncul akibat skoliosis. Jangan sampai mengalaminya, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *